Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Kenalkan Pengelolaan Sampah Anorganik kepada Siswa di SD Lawang Setra

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Kenalkan Pengelolaan Sampah Anorganik kepada Siswa di SD Lawang Setra

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Kenalkan Pengelolaan Sampah Anorganik kepada Siswa di SD Lawang Setra
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University melaksanakan program kerja Eco Garden dengan tema ‘Membangun Kesadaran Lingkungan melalui Pengolahan Sampah Plastik menjadi Pot Tanaman’. Program ini dilaksanakan di SD Lawang Setra, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Maharesta Aura Ergiona Putri, mahasiswa tim KKNT Inovasi menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan kreativitas siswa dalam mengelola sampah plastik. Program dihadiri oleh 32 siswa SD Lawang Setra dari kelas 3 hingga kelas 6.

“Dalam pelatihan ini, para siswa diajarkan tentang pentingnya pengelolaan sampah plastik dengan cara yang kreatif, yaitu mengubah sampah plastik menjadi pot tanaman. Melalui metode ini, siswa tidak hanya belajar tentang daur ulang plastik tetapi juga tentang pertanian ramah lingkungan dengan menggunakan media hidroponik,” ungkapnya.

Putri menjelaskan, lokasi SD Lawang Setra yang berada di kedusunan Gunung Rompang, Desa Loji, memiliki akses jalan yang cukup sulit karena sebagian besar jalannya berbatu. Sekolah ini hanya memiliki 67 murid, 1 kepala sekolah, dan 1 guru.

“Meskipun demikian, semangat para siswa untuk mengikuti kegiatan sangat tinggi. Mereka sangat antusias dalam mendengarkan materi dan mempraktikkan cara membuat pot dari botol plastik serta mempelajari teknik hidroponik,” ucapnya.

Salah satu murid SD Lawang Setra menyatakan kegembiraannya atas kegiatan tersebut. “Terima kasih, Kak, sudah datang ke sini, aku senang hari ini karena kakak-kakak datang,” ucap salah satu murid dengan semangat. Kehadiran mahasiswa KKNT Inovasi dari IPB University memberikan warna baru dalam proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Gesta Hadi Sukmana, SPd selaku guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di SD Lawang Setra, menyambut baik kegiatan ini. “Terima kasih banyak telah datang ke SD Lawang Setra, semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat. Semoga dengan datangnya mahasiswa KKN di Desa Loji dapat menambah semangat para siswa di sini untuk terus belajar dan berani untuk bermimpi tinggi,” ujarnya.

Gesta juga menambahkan bahwa belajar mengelola sampah harus diajarkan sejak dini agar menjadi kebiasaan yang baik di kemudian hari.

Melalui kegiatan Eco Garden ini, mahasiswa KKNT Inovasi IPB University berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesadaran lingkungan sejak usia dini. Mereka juga berharap agar ilmu yang diajarkan dapat terus diaplikasikan oleh para siswa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. (*/Rz)