IPB University, BU dan Pemdes Situ Ilir Kolaborasi Bangun Ketahanan Energi Desa dan Pendidikan Lab Virtual

IPB University, BU dan Pemdes Situ Ilir Kolaborasi Bangun Ketahanan Energi Desa dan Pendidikan Lab Virtual

IPB University, BU dan Pemdes Situ Ilir Kolaborasi Bangun Ketahanan Energi Desa dan Pendidikan Lab Virtual
Berita

Sejalan dengan visi technosocio entrepreneurial university, IPB University berkolaborasi dengan Binawan University (BU) dan Pemerintah Desa Situ Ilir dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui skema Pemberdayaan Desa Binaan (PDB). Kerja sama ini dilakukan untuk bisa menggali potensi Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tim pengabdian kepada masyarakat skema PDB tersebut dilakukan oleh Prof Irzaman, (IPB), Dr Ridwan Siskandar (IPB), Dr Heriyanto Syafutra (IPB), Dr Renan Prasta Jenie (BU), dan dr Marina Indriasari, SpKFR (BU).

Prof Irzaman sebagai ketua tim pengabdian menjelaskan, kolaborasi ini bertujuan untuk melatih kelompok masyarakat untuk pembuatan tungku sekam dan cara penggunaannya untuk ketahanan energi desa. Program ini dilakukan terhadap 20 orang kontak tani di Desa Situ Ilir.

Selain itu, implementasi kerja sama ini berupa pelatihan bidang fisika terhadap 20 orang guru tingkat SMP di lingkungan Desa Situ Ilir untuk mewujudkan laboratorium virtual di lingkungan sekolah.

“Semoga kebermanfaatan ini dapat menjadi pilot project yang dapat berkembang tidak hanya di Desa Situ Ilir saja, tetapi juga dapat berkembang ke 15 desa di Kecamatan Cibungbulang bahkan ke nasional,” ujar Prof Irzaman.

“Terima kasih juga kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah mendanai kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Situ Ilir ini,” ucapnya.

Dr M Iqbal Irfany, Asisten Direktur Kewirausahaan Sosial Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim IPB University mengatakan, “Kolaboratif seperti ini perlu diusung ke depannya agar inovasi-inovasi IPB University ini mudah-mudahan bisa bermanfaat di masyarakat dan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat lokal.”

“Selama ini di wilayah Situ Ilir di Kecamatan Cibungbulang ini sangat berlimpah dari sisi arang sekamnya. Ini bisa kita bantu inovasi pembuatan arang sekam dan juga untuk pendidikan guru untuk mewujudkan laboratorium virtualnya,” ujarnya lagi.

Dr Renan Prasta Jenie selaku perwakilan Binawan University, juga berharap program pengabdian masyarakat ini dapat berjalan dengan baik dan lancar agar kerja nyata yang dilakukan di lapangan, baik dari mahasiswa maupun para dosen, dapat memberikan manfaat dan pembelajaran bagi BU sebagai kampus di bawah binaan IPB University.

“Terima kasih kepada IPB University dan juga Binawan yang sudah memilih Desa Situ Ilir sebagai lokus pengabdian masyarakat. Tentunya warga kami bisa menggali potensi yang ada di desa, khususnya terkait dengan inovasi tungku sekam ini,” ucap Subhan, SIP, Kepala Desa Situ Ilir.

Ia menambahkan, Situ Ilir merupakan wilayah pertanian yang tersedia banyak limbah padi. Hal itu bisa menjadi salah satu bahan dasar untuk penggunaan tungku sekam sebagai alternatif energi terbarukan.

“Semoga apa yang akan dilaksanakan di Desa Situ Ilir bisa membawa cukup banyak manfaat, sehingga bisa berefek pada peningkatan ekonomi dan juga peningkatan penghasilan pada warga desa,” ujarnya.

Agung Surachman Ali, SSTP, MM selaku Camat Cibungbulang berharap kerja sama ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Pihaknya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk kerja sama di masa yang akan datang.