Motivasi Siswa Naik, Program Tepat Mahasiswa IPB University Dijadikan Agenda Tahunan SMAN 1 Tamansari Bogor

Motivasi Siswa Naik, Program Tepat Mahasiswa IPB University Dijadikan Agenda Tahunan SMAN 1 Tamansari Bogor

Motivasi Siswa Naik, Program Tepat Mahasiswa IPB University Dijadikan Agenda Tahunan SMAN 1 Tamansari Bogor
Student Insight

Pada Rabu (24/7), tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University mempresentasikan data hasil program Tamansari EduPath (TEPAT). Program ini bertujuan membantu siswa SMAN 1 Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam membuat perencanaan masa depan yang matang dan mampu meningkatkan motivasi dalam melanjutkan pendidikan.

Rangkaian program Tepat dimulai dengan sosialisasi ke seluruh siswa kelas 12. Sebanyak 360 siswa mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Para siswa diajak untuk membuat Individual Development Plan (IDP) dan mengikuti tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

“Pembuatan IDP dan tes MBTI ini diharapkan dapat membantu siswa merancang masa depan mereka, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang dan membuat tujuan siswa lebih terarah,” ujar Syahrul Wirahadi, koordinator tim KKNT Inovasi IPB University.

Sosialisasi dilanjutkan dengan workshop mengenai informasi perguruan tinggi, jalur masuk, dan persyaratan administrasi secara interaktif. Selain itu, informasi mengenai berbagai beasiswa yang dapat membantu finansial perkuliahan juga disampaikan.

“Berdasarkan analisis data melalui lembar IDP masing-masing siswa, jumlah siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, yakni sebesar 36 persen dari total seluruh siswa yang mengikuti kegiatan,” jelas Syahrul saat mempresentasikan hasil program Tepat kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling (BK), dan para guru SMAN 1 Tamansari.

“Tingkat kepuasan para siswa dalam program mencapai angka 4,48 dari skala 5 yang tergolong pada kategori sangat puas,” tambahnya.

Melihat data yang signifikan ini, pihak sekolah menyatakan bahwa program Tepat akan menjadi program tahunan yang akan diselenggarakan oleh sekolah dan berkolaborasi dengan para alumni.

“Kami sangat terkesan dengan hasil yang dicapai dan berkomitmen untuk menjadikan program ini sebagai agenda tahunan. Dengan dukungan dari para alumni, kami yakin dapat terus membantu siswa-siswi meraih masa depan yang lebih cerah,” ungkap Kepala Sekolah SMAN 1 Tamansari, Dr Rahmat Muhammad.

“Para siswa jadi terbantu tentang rencana ke depannya. Harapannya, banyak siswa yang melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya,” imbuh Nur, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Tamansari.

Dengan pendekatan inovatif berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), serta kebutuhan nyata siswa, program ini bertujuan memberikan bimbingan, motivasi, dan informasi yang diperlukan untuk sukses di dunia pendidikan dan karier.

“Bersama tim KKNT Inovasi IPB University, mari kita wujudkan visi besar ini dan jadikan pendidikan sebagai pondasi kuat bagi bangsa yang lebih maju dan sejahtera,” tutup Syahrul. (*/Rz)