Himpunan Mahasiswa Pascasarjana PSL IPB University Ecologica Buat Aksi Tanam Pohon di Bantaran Sungai Ciliwung

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana PSL IPB University Ecologica Buat Aksi Tanam Pohon di Bantaran Sungai Ciliwung

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana PSL IPB University Ecologica Buat Aksi Tanam Pohon di Bantaran Sungai Ciliwung
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Ecologica) IPB University mengadakan kegiatan penanaman pohon di bantaran sungai Ciliwung, Desa Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sereal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Acara ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Ecologica untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Internasional. Rangkaian kegiatan ini telah dimulai dengan penanaman mangrove di Cilacap (18/6) dan akan mencapai puncaknya pada Seminar Nasional yang akan diadakan pada 10 Agustus 2024.

Mengusung tema ‘Environment Detox: Connecting with Nature’, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan memperbaiki ekosistem di sekitar sungai Ciliwung. Tema ini mencerminkan upaya untuk membersihkan lingkungan dan mempererat hubungan manusia dengan alam.

“Di era modern ini, urbanisasi dan industrialisasi telah menjauhkan manusia dari alam. Melalui penanaman pohon, peserta diajak untuk kembali berinteraksi dengan alam, merasakan manfaat dari kegiatan yang mendukung kelestarian lingkungan, dan menyadari pentingnya menjaga ekosistem,” papar Asionar, anggota Ecologica.

Kegiatan ini dihadiri oleh 85 peserta yang berasal dari berbagai program studi di IPB University, Universitas Lampung, Universitas Indonesia, dan UIN Syarif Hidayatullah. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satuan tugas (Satgas) Ciliwung, Lurah Sukaresmi, serta masyarakat sekitar sungai Ciliwung.

“Tanaman yang ditanam dalam kegiatan ini meliputi pohon sirsak, jambu biji, durian, alpukat, pohon salam, jengkol, dan petai. Tanaman-tanaman ini dipilih tidak hanya karena manfaat ekologisnya tetapi juga karena nilai ekonomis dan gizi yang tinggi, sehingga dapat memberikan manfaat ganda bagi lingkungan dan masyarakat setempat,” jelasnya.

Kegiatan ini disponsori oleh PT Mahakam Sumber Jaya, PT Geo Silva Nusantara, dan Persemaian Rumpin. Dukungan dari berbagai pihak menunjukkan pentingnya kolaborasi dalam menjaga lingkungan.

Asionar berharap, penanaman pohon ini bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar, serta menginspirasi masyarakat untuk terus melakukan kegiatan yang mendukung kesehatan alam.

“Melalui tema ‘Environment Detox: Connecting with Nature’ diharapkan masyarakat semakin menyadari bahwa menjaga lingkungan bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi merupakan tanggung jawab bersama untuk generasi mendatang,” pungkasnya. (*/Rz)