Mahasiswa KKNT IPB University Edukasi Warga Mengenai Manajemen Pemeliharaan Ternak dan Kesehatan Hewan

Mahasiswa KKNT IPB University Edukasi Warga Mengenai Manajemen Pemeliharaan Ternak dan Kesehatan Hewan

Mahasiswa KKNT IPB University Edukasi Warga Mengenai Manajemen Pemeliharaan Ternak dan Kesehatan Hewan
Student Insight

Mahasiswa IPB University yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi memberikan penyuluhan mengenai manajemen pemeliharaan ternak dan kesehatan hewan kepada kelompok ternak di Desa Gowak, Kecamatan Lasem, Jawa Tengah.

Penyuluhan diikuti kelompok ternak yang berasal dari beberapa dusun yaitu Tritis, Sidorejo, Gowak, Kalilo, Punggur, dan Mbebeg. Melalui program kerja ini, mahasiswa KKNT memberikan wawasan dan edukasi melalui pemaparan materi dan praktik langsung untuk memberikan pengobatan gratis di beberapa kandang ternak yang dibantu oleh drh. Erdyanti Permatasari, MP, dokter hewan pendamping Kecamatan Lasem dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang

Gumilar Karya Nugraha, salah satu Tim KKNT Desa Gowak melakukan pemaparan materi mengenai manajemen pemeliharaan hewan ternak dan kesehatan hewan seperti pemilihan bibit, pakan, sistem perkandangan, perkembangbiakan, pemeliharaan kesehatan, hingga pemasaran.

“Memelihara kebersihan kandang merupakan hal terpenting dalam pemeliharaan kesehatan hewan ternak. Kandang yang kotor dapat menjadi tempat tumbuhnya berbagai kuman yang dapat menjadi penyebab penyakit pada hewan ternak,” ujar Gumilar.

Acara dilanjutkan oleh sesi tanya jawab yang juga didampingi oleh drh. Dian. Para peserta yang menghadiri kegiatan pun antusias memberikan berbagai pertanyaan, terutama terkait pengobatan penyakit dan juga produktivitas hewan ternak.

Basar, salah satu peternak di Desa Gowak, bertanya mengenai cara membedakan hewan yang birahi atau sakit. Drh Dian menjelaskan bahwa hal tersebut dapat dibedakan dari lendir yang dikeluarkan dari lubang kelamin hewan.

“Hewan yang birahi mengeluarkan lendir bening yang kental, sedangkan jika lendirnya berwarna kuning atau kehijauan mengindikasikan adanya infeksi hingga penumpukan nanah di saluran reproduksi hewan. Penting untuk peternak menjaga kebersihan tangan dan peralatan sebelum digunakan pada hewan, terutama pada bagian-bagian yang dapat menjadi pintu masuk kuman ke dalam tubuh hewan ternak,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan vaksinasi PMK serta pemberian vitamin dan obat cacing gratis kepada hewan ternak di Desa Gowak, terutama di Dusun Kalilo dan Tritis. Drh Dian, didampingi perangkat desa dan tim KKNT IPB University, berkeliling desa menjangkau kandang-kandang ternak. Kegiatan ini penting dilakukan mengingat nilai hewan ternak bagi pemiliknya dan untuk mencegah wabah penyakit pada ternak.(*/Lp)