Kunjungi IPB University, Lt Governor Nebraska Ingin Perkuat Kerja Sama Food Security Hingga Bisnis Syariah

Kunjungi IPB University, Lt Governor Nebraska Ingin Perkuat Kerja Sama Food Security Hingga Bisnis Syariah

Kunjungi IPB University, Lt Governor Nebraska Ingin Perkuat Kerja Sama Food Security Hingga Bisnis Syariah
Berita

IPB University mendapat kunjungan dari Pemerintah Nebraska, University of Nebraska Lincoln (UNL) Amerika Serikat, Foreign Agricultural Service (FAS), dan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia. FAS merupakan lembaga yang mewakili Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) di Indonesia.

Lieutenant Governor Nebraska, Joe Kelly dan delegasi dari UNL diterima langsung oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria di Ruang Sidang Rektor 1, Kampus IPB Dramaga (19/7). Dalam penyambutannya, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan selamat datang di Kampus IPB University kepada Lt Governor Nebraska, Joe Kelly dan tim.

Lebih lanjut, Rektor menjelaskan situasi terkini perkembangan IPB University. “Saat ini IPB University menempati peringkat 51 dunia pada pemeringkatan QS World University Ranking (WUR) 2024, nomor 1 di ASEAN dan nomor 7 di Asia,” ungkapnya.

Kepada Lt Governor, ia juga memaparkan bahwa IPB University telah menjalin sekitar 400 kolaborasi secara global, termasuk di antaranya dengan Amerika Serikat.

“Ada sekitar 400 kolaborasi secara global yang telah dijalin IPB University, termasuk dengan Amerika Serikat, di antaranya terkait riset kopi,” ucap Prof Arif.

Tidak hanya itu, Rektor juga menyatakan bahwa hasil inovasi IPB University sebanyak 35 persennya telah berhasil dikomersialisasikan yang dikelola secara serius oleh Sains and Techno Park (STP). IPB University juga telah memiliki outlet produk inovasi, Serambi Botani yang tersebar di 22 shopping mall di Indonesia.

“Semoga kunjungan UNL Amerika Serikat dapat memperkuat kerja sama dengan IPB University, serta meningkatkan produktivitas dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” ucap Prof Arif.

Lt Governor Nebraska, Joe Kelly dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada IPB University yang telah menyambut timnya dengan penuh kehangatan. Ia menyampaikan bahwa pihaknya telah menyaksikan banyak perkembangan IPB University yang sangat pesat.

“Kami ingin belajar khususnya yang berfokus pada food security,” ucapnya.

Dikatakannya, University of Nebraska Lincoln sebelumnya telah melakukan kerja sama dan akan berakhir pada bulan ini. “Kami ingin memperkuat dan mendiskusikan lagi tentang kerja sama terutama dalam hal riset, pertukaran dosen dan mahasiswa, juga terkait pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, ia mengaku bahwa Pemerintah Nebraska dan UNL juga ingin belajar terkait bisnis syariah, serta halal produk untuk sebagian kecil komunitas muslim di sana. (dh/Rz)