Tim PKM IPB University ‘Rintik Muda’ Tingkatkan Self-Control dan Motivasi Anak-Anak Yatumi

Tim PKM IPB University ‘Rintik Muda’ Tingkatkan Self-Control dan Motivasi Anak-Anak Yatumi

Tim PKM IPB University ‘Rintik Muda’ Tingkatkan Self-Control dan Motivasi Anak-Anak Yatumi
Student Insight

Sebagai upaya untuk meningkatkan pengendalian diri dan motivasi anak-anak di Yayasan Titipan Ummat Indonesia (Yatumi), tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM PM) IPB University menginisiasi program ‘Rintik Muda’.

Rintik Muda merupakan program inovatif yang dirancang untuk mengembangkan potensi anak-anak yang memiliki permasalahan dalam kendali diri karena kurangnya pengawasan orang tua akibat tanggungan beban ekonomi. Tim PKM PM ini menerapkan metode pemupukan kebiasaan yang dikenal sebagai Ant-fection, untuk secara perlahan dan pasti memupuk kembali penguatan kendali diri anak di Yatumi.

Program ini dipimpin oleh Aulia Nurul Hikmah, dengan anggota tim Ridha Nurhasanah, Nicky Mardani, Imam Bakti, dan ‘Aadilah Nur, serta dibimbing oleh Dr Adisti Permatasari Putri Hartoyo.

“Melihat latar belakang Yatumi yang menaungi anak-anak yatim, piatu, dan duafa, mendorong kami untuk membuat program yang dapat meningkatkan semangat dan pengendalian diri anak-anak dalam berperilaku serta berkehidupan sosial,” ujar Aulia.

Aulia menjabarkan, program ini diawali dengan kegiatan Get Closer with Rintik Muda, yang melibatkan anak-anak dan pengurus Yatumi, serta orang tua untuk menambah wawasan baru dan sosialisasi terkait program. Kegiatan harian ‘The Rintik Daily’ mengajak anak-anak untuk mencatat aktivitas harian mereka dalam buku saku sebagai salah satu cara untuk membiasakan diri melakukan kegiatan positif secara konsisten.

Rangkaian program lainnya dikemas dalam bentuk fun learning. Program ‘Rintik Mimpi: Brings Up Motivation’ memberikan pengalaman menonton video mengenai cita-cita dan berbagai kegiatan lainnya untuk meningkatkan motivasi anak-anak dalam meraih mimpi mereka.

Selain itu, ‘Rintik Kreasi: Enhance Your Creativity’ melatih kreativitas anak-anak melalui kegiatan mengelola jamur hias dan simulasi menampilkan bakat, yang berhasil meningkatkan kreativitas serta kepercayaan diri mereka.

Sebagai penutup, kegiatan ‘Closing Rintik Muda: Bring The Rainbow’ berhasil menyediakan wadah hiburan, kebersamaan, serta menciptakan memori kebahagiaan bagi seluruh anak-anak Yatumi, pengurus, maupun orang tua. Melalui program ini, anak-anak dapat mengekspresikan diri, meningkatkan rasa percaya diri, dan merasakan kebahagiaan dari hal-hal positif yang mereka lakukan.

“Program Rintik Muda menjadi bukti nyata kontribusi mahasiswa IPB University dalam pengembangan masyarakat melalui kegiatan yang inovatif dan bermanfaat. Perjalanan pelaksanaan program ini memang penuh tantangan, namun semangat dan kerja sama yang solid dari tim telah membuatnya berhasil mencapai tujuan,” tutup Aulia. (*/Rz)