Peduli Kesehatan Balita, PPK Ormawa Himiteka IPB University Adakan Cek Kesehatan Keliling

Peduli Kesehatan Balita, PPK Ormawa Himiteka IPB University Adakan Cek Kesehatan Keliling

Peduli Kesehatan Balita, PPK Ormawa Himiteka IPB University Adakan Cek Kesehatan Keliling
Student Insight

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) IPB University melaksanakan kegiatan Cek Kesehatan Keliling di Posyandu Mangrove Jaya Desa Pantai Mekar, Muaragembong, Jawa Barat.

Kegiatan Cek Kesehatan Keliling merupakan bagian dari program C-Ling, satu dari empat program PPK Ormawa Himiteka yang bergerak di bidang kesehatan. Program yang menerapkan poin ketiga tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) ini terdiri dari rangkaian kegiatan berupa penyuluhan penyakit kulit kepada masyarakat, stunting pada balita, dan layanan cek kesehatan keliling.

Dalam kegiatan perdananya ini, Cek Kesehatan Keliling PPK Ormawa Himiteka berkolaborasi dengan Puskesmas Muaragembong dan Posyandu Mangrove Java. Kegiatannya berupa pengukuran tinggi badan dan berat badan balita yang dilakukan di Posyandu Mangrove Jaya RT 03 RW 01 Desa Pantai Mekar.

Kegiatan yang berbasis kesehatan tersebut diakui Afriel Alex Handro Lumbangaol, penanggung jawab C-Ling, sebagai sesuatu yang cukup bertolak belakang dengan latar belakang tim PPK Ormawa Himiteka yang mayoritas berasal dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).

“Kegiatan ini menjadi tantangan baru bagi kami karena merupakan kegiatan kesehatan yang sangat bertolak belakang dengan basic dari tim PPK Ormawa Himiteka,” aku Afriel.

“Namun, dari kegiatan ini, kami belajar banyak mengenai pengecekan dan penanganan kesehatan yang tepat untuk balita dengan rentang umur di bawah lima tahun. Di samping itu, kami juga mendapatkan banyak arahan dan dibantu oleh pihak Puskesmas Kecamatan Muaragembong serta Posyandu Mangrove Jaya,” tuturnya.

Bersama perwakilan Puskesmas, bidan Desa Pantai Mekar, dan ibu-ibu kader Posyandu Mangrove Jaya, tim PPK Ormawa Himiteka mengukur dan menimbang 45 balita. Kegiatan itu pun disebut Afriel lancar dan ramai. “Kegiatan berjalan dengan lancar. Banyak ibu-ibu yang datang bersama anaknya dan kami menjadi sangat semangat melihat banyaknya massa yang datang,” tuturnya.

Di sisi lain, Richard, nutrisionis Puskesmas Kecamatan Muaragembong yang turut serta dalam kegiatan Cek Kesehatan Keliling mengungkap dirinya merasa senang atas kedatangan tim PPK Ormawa Himiteka.

“Senang bisa bergabung dengan kegiatan teman-teman dari PPK Ormawa Himiteka. Semoga dengan datangnya teman-teman Himiteka bisa memberikan pengalaman baru untuk masyarakat,” ucapnya yang juga merupakan alumni IPB University.

“Menambah suasana baru. Orang-orang di sini juga senang dengan kedatangan mahasiswa IPB University, menambah suasana baru. Sukses selalu. Semoga output dari kegiatan (PPK Ormawa) dapat memberikan dampak lebih, tidak hanya dampak secara akademik, tetapi juga dampak pengalaman untuk teman-teman PPK Ormawa,” sambung Richard.

Adapun Afriel berharap kegiatan Cek Kesehatan Keliling ini dapat tetap berjalan baik. “Besar harapan kami kegiatan ini tetap selalu bisa berjalan dengan baik karena kegiatan di Posyandu Mangrove merupakan salah satu rangkaian kegiatan Cek Kesehatan Keliling dari program kerja C-Ling,” ucapnya.

Posyandu Mangrove Java sendiri terletak di di wilayah yang kerap terdampak banjir rob. Banjir pun terkadang menghambat pelayanan kesehatan di wilayah tersebut karena jalanan menjadi becek dan rumah warga menjadi terendam. (*/Rz)