Berwawasan SDGs Desa, Ini 3 Program KKNT IPB University 2024 di Desa Trijaya

Berwawasan SDGs Desa, Ini 3 Program KKNT IPB University 2024 di Desa Trijaya

Berwawasan SDGs Desa, Ini 3 Program KKNT IPB University 2024 di Desa Trijaya
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University di Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat telah melaksanakan lokakarya. Kegiatan ini diadakan di Aula Kantor Balai Desa Trijaya dan dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa, mitra, serta seluruh masyarakat Desa Trijaya.

Tujuan lokakarya ini adalah untuk memaparkan rencana program kerja yang akan dijalankan oleh mahasiswa IPB University selama 40 hari menjalankan KKNT Inovasi. Sakhradita Aurora Putri, perwakilan mahasiswa menuturkan, program kerja ini didasarkan pada permasalahan yang dihadapi serta potensi yang dimiliki Desa Trijaya.

Putri mengatakan, timnya sepakat untuk mengangkat tema ‘Pemanfaatan dan Peningkatan Potensi Desa Trijaya Menuju Desa Agrowisata Berwawasan SDGs Desa, Strategi dan Implementasi Berkelanjutan untuk Pembangunan Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan’ sebagai solusi dan inovasi dari permasalahan yang ada di Desa Trijaya.

Program kerja dirancang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Trijaya yang dibagi menjadi tiga program utama: (1) Potensi Berdaya, Desa Trijaya; (2) Cipta Harmoni, Mendorong Inovasi; dan (3) Agroekosistem Lestari.

Ketiga program utama ini mencakup lima sub kegiatan, yaitu Eco Friendly Art Day, Pemetaan Potensi Wisata Desa Trijaya, Cendekia Muda Trijaya, Gemarikan Desa Trijaya, dan Rembug Tani Desa Trijaya.

“Program-program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk membranding dan meningkatkan ketertarikan masyarakat luar terhadap Desa Trijaya melalui potensi dan inovasi masyarakat setempat, sehingga dapat menumbuhkan ekonomi lokal, terutama sebagai desa agrowisata,” ungkapnya.

Lokakarya ini juga melibatkan diskusi interaktif antara mahasiswa KKNT Inovasi, perangkat desa, dan masyarakat. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dan masyarakat saling bertukar pertanyaan, saran, serta kritik mengenai rencana program kerja. Melalui diskusi ini, diharapkan program kerja yang disusun dapat selaras dengan kebutuhan masyarakat.

Hasil dari pemaparan program kerja dalam lokakarya pertama ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat dan perangkat desa. “Hal ini menjadi langkah awal yang baik dan membuka kesempatan bagi mahasiswa IPB University untuk melanjutkan program KKNT Inovasi dengan lebih percaya diri dengan dukungan penuh dari masyarakat Desa Trijaya,” tandasnya. (*/Rz)