Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Raih Juara 2 Kompetisi Digital Nasional UI/UX Competition

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Raih Juara 2 Kompetisi Digital Nasional UI/UX Competition

Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Raih Juara 2 Kompetisi Digital Nasional UIUX Competition
Prestasi

Tim Hasta Karya dari mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL), berhasil meraih juara 2 dalam Kompetisi Digital Nasional UI/UX HIMSI UAJY Innovation Week #4 2024 beberapa waktu lalu.

Acara ini berlangsung di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Tim Hasta Karya mempresentasikan inovasi website bernama umkm.GO yang dirancang untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha.

Kompetisi ini diikuti oleh puluhan tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Peserta ditantang untuk merancang solusi digital inovatif bagi UMKM di era digital. Tim Hasta Karya yang dipimpin oleh Setiady Ibrahim Anwar dan Fauzi Adi Saputra dan dibimbing oleh dosen TRPL, Amata Fami, MDs berhasil menarik perhatian juri dengan ide kreatif yang bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

Dekan Sekolah Vokasi IPB University, Dr Aceng Hidayat, menyampaikan apresiasinya atas pencapaian tim Hasta Karya. Ia menekankan bahwa prestasi ini mencerminkan dedikasi dan kompetensi mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University dalam menghadapi tantangan di tingkat nasional, terutama dalam bidang digital dan teknologi.

“Prestasi ini menunjukkan dedikasi dan kompetensi mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University dalam menghadapi tantangan di tingkat nasional khususnya dalam bidang digital dan teknologi. Selamat untuk Kelompok Hasta Karya,” ujar Dr. Aceng Hidayat.

Ketua tim Hasta Karya, Setiady Ibrahim Anwar mengungkapkan bahwa kompetisi ini merupakan pengalaman berharga bagi timnya. Ia merasa bangga bisa berkompetisi dengan mahasiswa berbakat dari berbagai universitas di Indonesia.

“Suatu pengalaman yang berkesan untuk saya dapat berkompetisi dengan berbagai tim lain dari berbagai kampus di Indonesia. Prestasi yang didapatkan ini bukan hasil dari upaya individu melainkan dari kerja sama dan kerja keras tim dari awal hingga akhir. Tujuan kami bukan sekadar menjuarai kompetisi melainkan memberikan inovasi dan solusi untuk perkembangan industri UMKM di Indonesia,” ungkap Setiady.

Sebagai informasi, umkm.GO merupakan platform website yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Platform tersebut memiliki sejumlah fitur, seperti Penjelajahan UMKM, dimana pengguna dapat menjelajahi semua UMKM yang telah terdaftar di platform ini dan menemukan produk-produk yang mereka cari.

“Kemudian, fitur Investasi sebagai wadah bagi pengguna untuk melakukan investasi pada UMKM yang mereka minati. Fitur Kolaborasi untuk memastikan pengguna dapat berkolaborasi dengan UMKM lain dalam mengembangkan usaha mereka, dan fitur Ekspor yang memungkinkan pengguna mengekspor produk mereka ke luar negeri,” ulas Setiady.

Kesuksesan tim Hasta Karya dengan umkm.GO diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi perkembangan industri UMKM di Indonesia dan mampu bersaing di kancah internasional. (*/Rz)