Pemuda Desa Ciampea Udik Antusias Ikuti Sosialisasi Teknologi RAS oleh Tim PPK Ormawa BEM FPIK IPB University

Pemuda Desa Ciampea Udik Antusias Ikuti Sosialisasi Teknologi RAS oleh Tim PPK Ormawa BEM FPIK IPB University

Pemuda Desa Ciampea Udik Antusias Ikuti Sosialisasi Teknologi RAS oleh Tim PPK Ormawa BEM FPIK IPB University
Berita

Tim Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University kembali mengadakan kegiatan sosialisasi di Kampung Kebon Kopi, Desa Ciampea Udik pada 12/7 dalam rangka mendukung implementasi teknologi ramah lingkungan dan berkelanjutan dalam budidaya perikanan.

Kegiatan yang diikuti oleh pemuda desa ini bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai efisiensi penggunaan air dalam Recirculating Aquaculture System (RAS).
Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi mengenai pentingnya efisiensi penggunaan air dalam sistem RAS.

“Para peserta diberikan penjelasan mengenai prinsip kerja sistem RAS, manfaatnya bagi lingkungan dan budidaya perikanan, serta teknik-teknik untuk mengoptimalkan penggunaan air dalam sistem tersebut,” jelas Niken, salah satu Tim PPK Ormawa.

Ia mengatakan, setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang interaktif. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk berdiskusi tentang tantangan dan peluang penerapan sistem RAS di wilayah mereka.

“Diskusi ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan mencari solusi bersama atas permasalahan yang mungkin timbul,” ungkap Niken.

“Kami sangat senang melihat semangat dan partisipasi aktif dari para pemuda desa. Melalui sosialisasi dan FGD ini, kami berharap bisa meningkatkan pemahaman tentang efisiensi penggunaan air dalam budidaya perikanan dan mendorong penerapan teknologi RAS yang lebih luas,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini para pemuda desa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menerapkan sistem RAS yang efisien dan ramah lingkungan.

“Tim PPK Ormawa BEM FPIK IPB University berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan dukungan teknis kepada masyarakat dalam mengembangkan budidaya perikanan yang berkelanjutan,” ungkap Niken.