Dosen Pulang Kampung IPB University Bantu Koperasi Mekar Sari Ciptakan B-Choco Pie, Siap Jadi Oleh-Oleh Khas Subang

Dosen Pulang Kampung IPB University Bantu Koperasi Mekar Sari Ciptakan B-Choco Pie, Siap Jadi Oleh-Oleh Khas Subang

Dosen Pulang Kampung IPB University Bantu Koperasi Mekar Sari Ciptakan B-Choco Pie, Siap Jadi Oleh-Oleh Khas Subang
Berita

Tim dosen Sekolah Vokasi IPB University memperkenalkan inovasi produk berbasis tepung pisang kepada Koperasi Mekar Sari di Desa Cinta Mekar, Kabupaten Subang, Jawa Barat dalam kegiatan Dosen Pulang Kampung (Dospulkam).

Program pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung pada 12-13 Juli 2024 kemarin. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan menginspirasi anggota koperasi untuk menciptakan produk oleh-oleh khas Kabupaten Subang, tetapi juga meningkatkan ketahanan pangan lokal.

Program ini dipimpin oleh Ani Nuraeni, SPd, MPd, dengan tim yang terdiri dari Dr Dwi Yuni Hastati, Faranita Ratih L, SH, MH, Dr Veralianta br Sebayang, dan Dr Wien Kuntari. Seluruh anggota tim adalah dosen Sekolah Vokasi IPB University yang berkomitmen kuat terhadap penguatan kewirausahaan berkelanjutan.

“Kami tidak hanya memberikan keterampilan teknis dalam pembuatan B’Choco Pie berbasis tepung pisang, tetapi juga pengetahuan mengenai kemasan produk, preferensi konsumen, legalitas produk, dan strategi promosi,” ujar Ani Nuraeni.

Ani Nuraeni menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada anggota koperasi dalam mewujudkan visi mereka menjadikan produk olahan tepung pisang sebagai salah satu oleh-oleh makanan khas Kabupaten Subang.

“Usaha baru berupa pembuatan produk alternatif dari olahan tepung pisang juga dapat menjadi unit usaha komersial di Koperasi Mekar Sari,” jelasnya.

Sementara itu, Dr Wien Kuntari anggota tim mengatakan, ke depannya tim Dospulkam IPB University akan terus menjalin kemitraan strategis untuk mengimplementasikan berbagai program pengabdian masyarakat secara berkelanjutan.

“Tujuan utamanya adalah menumbuhkan rasa kepedulian terhadap bahan pangan lokal yang ada di lingkungan masyarakat. Dengan kolaborasi yang kuat dan inovasi berkelanjutan, kami berharap dapat menciptakan dampak positif yang signifikan dalam peningkatan pendapatan dan penguatan kelembagaan,” ucap dia.

Menanggapi kegiatan Dospulkam tersebut, Ketua Koperasi Mekar Sari, Yuyun Yuningsih, memberikan apresiasi atas inisiatif diversifikasi olahan pangan berbahan baku tepung pisang sebagai langkah positif untuk peningkatan pendapatan anggota koperasi.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim Dospulkam Sekolah Vokasi IPB University atas kegiatan workshop dan pelatihan diversifikasi olahan pangan berbahan baku tepung pisang. Diversifikasi olahan B’Choco Pie memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat, terutama anggota koperasi,” ucapnya.

“Semoga Dospulkam IPB University terus berinovasi dengan program-program pengabdian masyarakat yang revolusioner, mendorong kemandirian dan ketahanan pangan berbahan baku lokal,” ungkap Yuyun Yuningsih dengan antusias.

Dengan diversifikasi produk berbasis tepung pisang, anggota Koperasi Mekar Sari kini memiliki alternatif usaha yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan mereka. Inisiatif ini menunjukkan bagaimana kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dapat menghasilkan solusi inovatif yang berkelanjutan (NJM/ASW/Rz)