Pesan Rektor pada Maba IPB University Angkatan 61: Jangan Sombong, Amalkan Ilmu Padi

Pesan Rektor pada Maba IPB University Angkatan 61: Jangan Sombong, Amalkan Ilmu Padi

Pesan Rektor pada Maba IPB University Angkatan 61 Jangan Sombong, Amalkan Ilmu Padi
Berita

Ribuan mahasiswa baru (maba) IPB University angkatan 61 mengikuti Kick Off Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), Senin (15/7). Lewat Zoom Meeting, Rektor IPB University, Prof Arif Satria menyampaikan beberapa pesan penting kepada Narapati Bimantara, panggilan dari mahasiswa angkatan 61 ini.

“Selamat datang kepada mahasiswa angkatan 61. Selamat bergabung di kampus kebanggaan kita bersama,” ucap Rektor.

Kick Off OMB IPB 61 merupakan rangkaian perdana yang harus diikuti oleh mahasiswa baru. Melalui acara ini, mahasiswa baru akan mendapat informasi seputar akademik di tahun pertama dan juga kehidupan asrama yang mungkin berbeda dengan sebelumnya ketika di SMA.

Rektor menyampaikan bahwa IPB University akan mempersiapkan segala sesuatu yang akan menunjang mahasiswa agar mampu survive dalam menghadapi tantangan zaman. “IPB University merupakan universitas kelas dunia sehingga sudah seharusnya mahasiswanya bisa menguasai berbagai hal di bidangnya,” kata Prof Arif.

Lebih lanjut, rektor memberikan pesan agar mahasiswa IPB University harus menjadi mahasiswa yang agile learner, tidak sombong dengan ilmunya dan harus menerapkan ilmu padi.

“Mahasiswa IPB University harus menjadi seseorang yang agile learner, siap dengan keahlian masing-masing. Dalam masa yang sangat cepat berubah, tidak cukup mahasiswa menjadi pembelajar yang tepat, tapi juga yang cepat,” ungkapnya.

“Seorang pembelajar sejati menjadikan setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru. Menjadi mahasiswa IPB University tidak boleh sombong, mahasiswa harus belajar kapan saja dan di mana saja. Mahasiswa harus bisa menerapkan filosofi padi mengatasi masalah dengan solusi bukan kesombongan yang dapat merugikan orang lain,” ucapnya.

Ucapan selamat datang juga disampaikan oleh Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana. Ia mengatakan bahwa menjadi mahasiswa baru IPB University merupakan pijakan awal dalam eksplorasi intelektual yang lebih dalam dan lebih luas.

“Sekarang Anda berada pada fase kehidupan yang lebih menantang, fase baru yang banyak memberikan kesempatan, peluang dan pengalaman. Kesempatan ini perlu dimanfaatkan sebaik mungkin,” pesannya.

Menjadi mahasiswa IPB University, kata dia, merupakan sebuah anugerah sekaligus amanah untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. Kesempatan menempuh pendidikan di kampus IPB University, tidak bisa didapatkan semua orang. “Jadilah mahasiswa yang aktif kolaboratif, komunikatif baik tingkat nasional maupun internasional,” pesannya.

Lebih lanjut Prof Deni mengatakan bahwa kegiatan OMB diselenggarakan IPB University guna menyambut mahasiswa baru dalam mempersiapkan maba menjadi mahasiswa mandiri dewasa yang beriringan dengan kemajuan teknologi digital dengan menyiapkan kompetensi yang diperlukan abad 21 atau skill set future.

Ada tiga rangkaian dalam kegiatan OMB yaitu pemberian materi Seven Habits of Highly Effective People, Talent Mapping dan Masa Perkenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru (MPKMB).