Menuju Desa Mangrove Lestari, PPK Ormawa Himiteka IPB University Usung Empat Program Pengabdian

Menuju Desa Mangrove Lestari, PPK Ormawa Himiteka IPB University Usung Empat Program Pengabdian

Menuju Desa Mangrove Lestari, PPK Ormawa Himiteka IPB University Usung Empat Program Pengabdian
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) IPB University yang tergabung dalam tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) mengusung empat program untuk promosikan potensi mangrove Desa Pantai Mekar, Muaragembong, Bekasi, Jawa Barat.

Empat program tersebut adalah Mangrove Hero, Sekolah Mangrove, Gemaro (Gerakan Melestarikan Mangrove), dan C-Ling (Cek Kesehatan Keliling). Seluruhnya berfokus pada pengoptimalan mangrove Desa Pantai Mekar dari berbagai sasaran usia mulai dari kalangan muda hingga ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Guna memaksimalkan tiap program, tim PPK Ormawa Himiteka melaksanakan sosialisasi kepada perangkat desa dan guru. Sosialisasi turut dilakukan secara door to door ke rumah warga. Kegiatan PPK Ormawa ini nantinya akan dilaksanakan hingga Oktober mendatang.

“Programnya bagus, apalagi (yang) terkait peningkatan kualitas lingkungan,” ucap Desriza, salah seorang warga Desa Pantai Mekar menyampaikan pandangannya mengenai program Gemaro, yakni penanaman bibit mangrove dan coastal clean up pantai. “Setelah banjir rob, sampah pada naik. Masyarakat jadi cenderung malas membersihkan jadi dibutuhkan aksi yang berkelanjutan,” lanjutnya.

Di sisi lain, Dahlia mengapresiasi program Mangrove Hero yang berupa penyuluhan pengolahan hasil mangrove kepada ibu PKK di Desa Pantai Mekar. “Bagus, sih. Dengan adanya kegiatan ini kami (ibu-ibu nelayan) bisa mengisi waktu siang dengan kegiatan yang bermanfaat sekaligus bisa menghasilkan pendapatan,” paparnya.

Adapun Sekolah Mangrove merupakan program edukasi interaktif untuk kelompok usia muda di Desa Pantai Mekar. Sementara itu, C-Ling merupakan klinik kesehatan keliling sekaligus sosialisasi di tengah kondisi banjir rob yang kerap terjadi di Desa Pantai Mekar.

Ketua PPK Ormawa Himiteka, Caesar Aditya, berujar bahwa sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan anggota tim dan program mahasiswa kepada warga. “Selama dua hari ini memang tujuan kami untuk lebih dekat dengan warga desa sembari mengenalkan program PPK Ormawa Himiteka,” ucapnya.

“Harapannya, PPK Ormawa Himiteka bisa memberikan yang terbaik dan warga merasa nyaman serta bahagia akan kehadiran mahasiswa IPB University di Desa Pantai Mekar,” pungkas Caesar.

Kegiatan sosialisasi ini akan dilanjutkan oleh kegiatan-kegiatan lainnya salah satunya lokakarya untuk lebih mengenalkan masyarakat Desa Pantai Mekar terkait PPK Ormawa Himiteka. Usai menginformasikan kepada masyarakat, tibalah saat merealisasikan keempat program PPK Ormawa Himiteka tersebut dalam mengoptimalkan potensi mangrove dan peningkatan kualitas lingkungan berbasis masyarakat di Desa Pantai Mekar guna tercapainya Desa Maritim Mandiri.