Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Siap Berkontribusi untuk Desa Bangun Jaya, Kabupaten Mesuji

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Siap Berkontribusi untuk Desa Bangun Jaya, Kabupaten Mesuji

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Siap Berkontribusi untuk Desa Bangun Jaya, Kabupaten Mesuji
Student Insight

Delapan mahasiswa KKNT Inovasi IPB University mengadakan Lokakarya 1 di Balai Desa Bangun Jaya, Tanjung Raya, Mesuji, Lampung. Lokakarya ini merupakan kegiatan sosialisasi program kerja mahasiswa KKNT Inovasi IPB University kepada masyarakat.

Koordinator tim KKNT Inovasi, Muhammad Narazaky Pratama menerangkan, tujuan lokakarya ini adalah untuk mengenalkan program kerja yang akan dilaksanakan selama masa pengabdian di Desa Bangun Jaya. Di samping itu, kegiatan ini juga menjadi ajang perkenalan antara mahasiswa IPB University dengan masyarakat desa yang mayoritas berprofesi sebagai petani karet, singkong, dan sawit.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Bangun Jaya, Fachrudin, beserta jajaran. Turut hadir pula ketua pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) desa, ketua rukun keluarga (RK), dan aparatur desa.

KKN-T Inovasi IPB di Desa Bangun Jaya mengusung tema ‘Pengembangan Berkelanjutan Masyarakat Agromaritim untuk Mencapai Socio-Resilience’ dengan lima bidang utama, yaitu pengenalan kampus, healthy lifestyle, perkebunan, publikasi website desa, dan pemetaan keragaman desa.

Narazaky menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan KKNT Inovasi ini. “Kami memohon kerja sama dengan masyarakat desa selama pelaksanaan kegiatan KKNT Inovasi kami. Semoga program kerja yang kami jalankan memberikan keberkahan bagi Desa Bangun Jaya,” ujarnya.

Desa Bangun Jaya menyambut baik kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University. Harapannya, mahasiswa IPB University dapat membantu masyarakat setempat dalam potensi Desa Bangun Jaya serta meningkatkan citra desa.

Kepala Desa Bangun Jaya menekankan agar mahasiswa dapat berkolaborasi dengan Ketua RK dan masyarakat secara umum dalam melaksanakan kegiatan KKNT Inovasi, terutama dalam program pembuatan website dan pemetaan desa. Ia berharap mahasiswa bisa fokus mengerjakan kedua kegiatan tersebut agar potensi-potensi Desa Bangun Jaya dapat dikenal oleh masyarakat luas.

“Saya rasa website ini penting untuk memperbagus citra desa. Selain itu, pemetaan ini juga bagus karena ketua RK sendiri belum tentu tahu batas RK-nya,” tegas Fachrudin.

KKNT Inovasi IPB University tahun 2024 di Kabupaten Mesuji mencakup dua desa: Desa Harapan Mukti dan Desa Bangun Jaya di Kecamatan Tanjung Raya, dengan masing-masing desa diisi oleh delapan mahasiswa. (*/Rz)