Perayaan Hari Nelayan, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Aksi Bersih Pantai

Perayaan Hari Nelayan, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Aksi Bersih Pantai

Perayaan Hari Nelayan, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Aksi Bersih Pantai
Student Insight

Sejumlah mahasiswa IPB University tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi melaksanakan aksi bersih-bersih di kawasan Pantai Palangpang Geopark Ciletuh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi (5/11).

Aksi bersih pantai yang dilaksanakan merupakan bentuk pelestarian lingkungan dalam rangka memperingati perayaan Hari Nelayan ke-67 yang berkolaborasi dengan perangkat Desa Ciwaru, seluruh lapisan masyarakat sekitar, dan pengunjung Pantai Palangpang.

“Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menjaga kelestarian kawasan Geopark Ciletuh sebagai UNESCO Global Geopark. Selain itu, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan pantai sebagai aset berharga di bidang pariwisata, Sofian Annas, perwakilan mahasiswa IPB University.

Sofian menuturkan, kawasan Pantai Palangpang saat ini dipenuhi sampah yang didominasi oleh sampah kayu dan pakaian yang terbawa dari hulu sungai. Sampah-sampah tersebut sudah tertimbun pasir akibat dari pasang surut air laut sehingga sulit untuk diangkat dan dibersihkan.

Menurut salah satu masyarakat sekitar, Sahaudin yang mengikuti aksi bersih pantai, sampah yang berada di pantai berasal dari pengunjung yang datang dan bagian hulu sungai yang terbawa ketika air laut pasang.

“Sampah di pantai ini sebenarnya bukan seluruhnya berasal dari warga setempat, tetapi berasal dari pengunjung dan bawaan dari hulu sungai. Meskipun seperti itu, warga sekitar rutin melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai setiap hari Jumat. Sampah yang ada akan terus bertambah walaupun sudah rutin dibersihkan seiring bertambahnya volume pengunjung dan sampah yang terbawa dari hulu sungai,” ucap Sahaudin.

Kegiatan bersih pantai yang telah dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat setempat dan pengunjung terhadap kelestarian pantai dan laut, termasuk ekosistem keanekaragaman hayati yang berada di dalamnya. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin sehingga kebersihan kawasan pantai tetap terjaga.

“Kawasan pantai ini dapat diibaratkan seperti barang pribadi, ketika kita merasa bahwa barang tersebut adalah milik kita, maka kita akan menjaga barang tersebut dengan baik supaya tahan lama dan terjaga. Sama halnya seperti pantai, laut beserta keberagaman ekosistem hayati yang harus tetap dijaga kelestarian dan keberlanjutannya,” tandas Sofian.

Langkah selanjutnya, Sofian mengatakan, mahasiswa KKNT Inovasi IPB University akan melaksanakan sosialisasi mengenai Bina Cinta Laut yang di dalamnya akan dijelaskan mengenai peningkatan kesadaran masyarakat sekitar serta menjaga dan mencintai ekosistem laut dan pemanfaatan sampah yang terdapat di sekitar pantai. (*/Rz)