BOCHIL: Minuman Sehat untuk Anak, Persembahan Mahasiswa IPB University, Solusi Pengganti Minuman Manis

BOCHIL: Minuman Sehat untuk Anak, Persembahan Mahasiswa IPB University, Solusi Pengganti Minuman Manis

BOCHIL Minuman Sehat untuk Anak, Persembahan Mahasiswa IPB University, Solusi Pengganti Minuman Manis
Student Insight

Sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak Indonesia, tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) IPB University memperkenalkan BOCHIL, minuman sehat yang menjadi solusi untuk mengatasi kebiasaan minum-minuman manis berlebihan.

Menurut Rafi Pranaja, ketua tim PKM, BOCHIL dirancang tidak hanya untuk memenuhi selera anak-anak dengan rasa yang lezat, tetapi juga untuk mencegah obesitas yang kerap diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih.

“Indonesia memiliki pasar minuman manis yang besar, terlihat dari beragam produk yang membanjiri supermarket dan minimarket. Namun, kebanyakan produk tersebut tidak mendukung kesehatan anak. Menyadari hal ini, BOCHIL hadir sebagai alternatif yang lebih sehat, dengan menggunakan bahan-bahan alami,” ungkapnya.

Tim BOCHIL terdiri dari Rafi Pranaja, Sarah Alia Rubi, Putri Uswatun Hasanah, Hanif Riza Mubarak, dan Fauzan Bara Putra. Mahasiswa IPB University ini menawarkan pendekatan inovatif dalam menyampaikan pengetahuan tentang bahaya konsumsi gula berlebih.

“Setiap kemasan paket dilengkapi dengan kartu edukasi yang menggunakan teknologi augmented reality (AR), menjadikannya media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi anak-anak,” tambah Rafi.

Ditambah dari segi kualitas, komposisi utama produk terdiri dari sari buah asli ditambah fortifikasi sargassum dan spirullina membuat kandungan BOCHIL autentik dan berkhasiat – dua bahan terakhir yang terbukti memiliki efek antiobesitas melalui mekanisme pemecahan glukosa.

Dijelaskan Rafi, pengembangan BOCHIL melibatkan berbagai tahap validasi rasa dengan partisipasi beragam audiens untuk memastikan formula yang tepat. Hasilnya, BOCHIL hadir dalam lima varian rasa favorit anak-anak: apel, mangga, jambu biji, jeruk, dan nanas. Setiap varian mendapatkan penilaian positif, menunjukkan bahwa BOCHIL berhasil memadukan aspek kesehatan dan kenikmatan rasa.

“Konsumsi BOCHIL dapat membawa perubahan signifikan dalam kebiasaan konsumsi minuman manis pada anak-anak. Dengan mengurangi asupan gula berlebihan, BOCHIL membantu mencegah obesitas dan masalah kesehatan terkait lainnya,” urainya.

“BOCHIL adalah bukti nyata bahwa perubahan kecil dapat membawa dampak besar dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak Indonesia secara bertahap dan realistis,” imbuh Rafi.

Ia menerangkan, BOCHIL dapat dibeli melalui kontak Instagram @ada.bochil. Produk ini ditawarkan dengan harga terjangkau, yaitu Rp3.000 per pcs, dan tersedia dalam kemasan satuan maupun paket 10 pcs. Dalam rangka grand launching, berbagai penawaran khusus juga tersedia yang dapat dipantau melalui Instagram dan marketplace resmi BOCHIL.

Dengan hadirnya BOCHIL, Rafi bersama tim PKM IPB University berharap anak-anak Indonesia dapat menikmati minuman yang tidak hanya enak tetapi juga menyehatkan. Kebiasaan konsumsi minuman manis yang tidak sehat dapat berkurang secara signifikan, membawa perubahan positif dalam gaya hidup anak-anak dan berkontribusi pada peningkatan kualitas kesehatan mereka.

“Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian, kunjungi Instagram @ada.bochil dan dukung langkah kecil namun berarti ini menuju masa depan yang lebih sehat bagi generasi muda Indonesia,” pungkasnya. (*/Rz)