Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Joint Consortium Online Class, Diikuti Peserta dari Jepang dan Indonesia

Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Joint Consortium Online Class, Diikuti Peserta dari Jepang dan Indonesia

Sekolah Pascasarjana IPB University Gelar Joint Consortium Online Class, Diikuti Peserta dari Jepang dan Indonesia
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan Joint Consortium Online Class dengan tema Tropical Agricultural Environment toward Regional Sustainability, (3-31/7). Program ini dilaksanakan secara daring, diikuti oleh 44 mahasiswa yang berasal dari IPB University, Diponegoro University, Hasanuddin University, University of Mataram, Ibaraki University (Jepang) dan University of The Ryukyus (Jepang).

Dalam sambutannya, Dekan SPs IPB University, Prof Dodik Ridho Nurrochmat menyampaikan bahwa program Joint Consortium Online Class tahun 2024 merupakan kerja sama IPB University dengan Ibaraki University, University of The Ryukyus dan Tokyo University of Agricultural and Technology.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan pemahaman yang mendalam tentang keberlanjutan regional melalui berbagai penelitian dan kegiatan di bidang pertanian dan lingkungan,” ujarnya.

Prof Dodik menambahkan bahwa dengan mengkaji beragam pendekatan dan berbagai wawasan, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada peserta sebagai generasi cendekiawan dan pemimpin masa depan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan secara mandiri dalam mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi yang berkelanjutan.

“Sepanjang kegiatan ini, peserta dapat terlibat melalui diskusi dan pemahaman tentang lingkungan pertanian berkelanjutan. Kami mendorong peserta untuk berpartisipasi secara aktif dengan berbagai perspektif dan dapat membangun jejaring di antara peserta dan dosen yang memberikan materi,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Dr Liyantono selaku panitia kegiatan, program ini merupakan bagian dari kegiatan The International Summer Course Program yang akan dirilis pada September 2024 nanti.

“IPB University dan Ibaraki University akan menyelenggarakan The International Summer Course Program for Agriculture and Ecosystem Resilience to Environmental Disaster Against Regional Sustainability,” jelasnya.

Joint Consortium Online Class ini diisi oleh berbagai pengajar antara lain Prof Hadi Susilo Arifin (IPB University), Prof Damayanti (IPB University), Dr Liyantono (IPB University), Prof Kazuhito Sakai (University of The Ryukyus), Dr Nobuo Sakagami (Ibaraki University), dan Prof Tasuku Kato (Tokyo University of Agriculture and Technology)

Kuliah perdana diawali dengan topik terkait Sustainable Agriculture Landscape. Kegiatan Joint Consortium Online Class ini juga diisi tema-tema menarik lainnya seperti Transdisciplinary Approach for Sustainability Development, Greenhouse Gases (GHGs) Emission in Agriculture Sector, Sustainability of Tropical Agriculture, serta Characteristics of Agricultural Environment in Tropical Area.

Dalam pembukaan program ini hadir perwakilan dari Ibaraki University, University of The Ryukyus dan Tokyo University of Agricultural and Technology serta para undangan dari IPB University. (HBL/Rz)