PIB IPB University dan DPP KNPI Gelar Sosialisasi Safety Riding untuk Pemuda dan Mahasiswa

PIB IPB University dan DPP KNPI Gelar Sosialisasi Safety Riding untuk Pemuda dan Mahasiswa

PIB IPB University dan DPP KNPI Gelar Sosialisasi Safety Riding untuk Pemuda dan Mahasiswa
Berita

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Pengawalan Ideologi Bangsa (PIB) IPB University menyelenggarakan Sosialisasi Safety Riding (keselamatan berkendara) untuk para pemuda dan mahasiswa. Acara ini diadakan di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga (27/6).

Dalam kesempatan itu, Ketua PIB IPB University, Aldi Ferdiansyah menyebutkan, “Kegiatan safety riding ini bermanfaat untuk memberikan pemahaman bagaimana menggunakan perlengkapan keselamatan saat berkendara, mematuhi peraturan dalam berlalu lintas, maupun mengontrol emosi dan memahami rute dalam perjalanan.” Menurutnya, hal tersebut penting mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kaum muda, terutama mahasiswa.

Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana, dalam sambutannya juga mengatakan, “Mahasiswa perlu tertib di kampus dan tertib berkendara. Oleh karena itu, mereka harus menjadi pelopor keselamatan berkendara.”

Menurut Wakil Ketua DPP KNPI, Edy Wijaya, kesadaran mahasiswa dalam berlalu lintas saat ini semakin bertambah. “KNPI telah berupaya untuk melakukan kolaborasi dalam melakukan kegiatan ini. Safety Riding hadir atas dasar kesadaran pentingnya keselamatan diri sendiri dan orang lain saat sedang berkendara lalu lintas sehingga perlu dipahami tata tertib berkendara,” paparnya.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh pemuda dan mahasiswa dari berbagai komunitas di Bogor di antaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Cabang Bogor, Pelajar Islam Indonesia, dan anggota himpunan mahasiswa daerah seperti Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang (IPMM) serta Pamaung Bandung.

Narasumber dalam acara ini di antaranya Rusdi Ali Hanafi (Wakil Ketua Umum DPP KNPI), Yudi Sudarma (Jasa Raharja), Toto Mustopa, SIP, MSi (Asisten Direktur Pengelolaan Transportasi dan Keamanan Lingkungan Kampus IPB University), dan Ipda A Rahman, SH, MH (Kanit Kamsel Satlantas Res Bogor).

Toto Mustopa, Asisten Direktur Pengelolaan Transportasi dan Keamanan Lingkungan Kampus IPB University dalam materinya mengatakan, bahwa IPB University sudah berkomitmen untuk mendukung berbagai kegiatan positif dalam menunjang kesadaran berlalu lintas sejak tahun 2004 hingga saat ini.

“Pada tahun 2015, IPB University mulai berkomitmen untuk menjadi Green Campus sehingga tercipta green transportation melalui penyediaan fasilitas bus, sepeda, hingga penyediaan pos verifikasi motor,” jelasnya.

Para peserta sosialisasi mendapatkan kesempatan untuk bisa bertanya langsung kepada pemateri. Di akhir acara, mereka juga diberikan tips dan trik untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Sosialisasi safety riding ini disambut antusias oleh para peserta. Salah satunya Fathan Putra Mardela yang menyebutkan, “Kegiatan Safety Riding ini sangat bermanfaat dan membuka wawasan baru bagi kami selaku mahasiswa yang akan menjadi pelopor bangsa khususnya pelopor tertib berlalu lintas.”