Dua Tahun Berkarya Wujudkan ‘Desa Semarak’, PPK Ormawa Himasiter IPB University Bawakan Program Rama Shinta

Dua Tahun Berkarya Wujudkan ‘Desa Semarak’, PPK Ormawa Himasiter IPB University Bawakan Program Rama Shinta

Dua Tahun Berkarya Wujudkan ‘Desa Semarak’, PPK Ormawa Himasiter IPB University Bawakan Program Rama Shinta
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) IPB University sukses menggelar Lokakarya Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa). Lokakarya ini menjadi wadah penting dalam pengenalan program dan peran mahasiswa dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Desa Sinarsari, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada PPK Ormawa tahun ini, Himasiter IPB University mengusung tema ‘Strategi Pemberdayaan Desa Sinarsari melalui Kelembagaan ADIWIRA dengan Menerapkan Prinsip Sehat Mandiri Ramah Lingkungan (Semarak)’.

Dalam lokakarya ini, Himasiter IPB University mengenalkan dua program: Shinta (Sehat Tanpa Stunting) dan Rama (Ramah Lingkungan). Kedua program ini berada di bawah naungan kelembagaan ADIWIRA, yang bertujuan untuk menciptakan desa yang mandiri, sehat, dan ramah lingkungan.

Ketua tim PPK Ormawa Himasiter IPB University, Mutiara Rizkia Nurkamil menjelaskan, program Duta Shinta berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat dengan tujuan utama menuntaskan stunting. Program ini meliputi edukasi gizi, pemeriksaan kesehatan rutin, dan penyuluhan tentang pentingnya asupan nutrisi yang seimbang.

“Melalui program ini, diharapkan angka stunting di Desa Sinarsari dapat ditekan secara signifikan,” tutur Rizkia di hadapan puluhan warga serta tokoh masyarakat setempat yang menghadiri lokakarya di Aula Desa Sinarsari, (25/6).

Di sisi lain, lanjut Rizkia, Duta Rama berfokus pada upaya pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan. Program ini mencakup berbagai inisiatif seperti pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, dan pelatihan pengolahan limbah rumah tangga dan limbah peternakan. “Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Desa Sinarsari tidak hanya sehat secara fisik tetapi juga memiliki lingkungan yang lestari dan mendukung ketahanan pangan,” ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa Sinarsari, Acim Setiabudi menyatakan dukungannya terhadap program ini. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Himasiter IPB University atas inisiatif yang sangat bermanfaat bagi desa.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan usaha yang dilakukan oleh mahasiswa IPB University. Program ini sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas hidup warga desa,” ujar Acim.

Salah satu tokoh masyarakat yang hadir juga mengungkapkan apresiasinya. “Program seperti ini sangat penting bagi desa kami. Dengan adanya edukasi dan bantuan dari mahasiswa, kami menjadi lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan,” katanya.

Dengan antusiasme dan partisipasi aktif dari warga desa, Rizkia berharap program ini dapat berjalan lancar dan mencapai tujuannya. Himasiter IPB University berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberikan support kepada Desa Sinarsari dalam mencapai kemandirian dan kesejahteraan. “Semoga program ini menjadi langkah awal menuju Desa Sinarsari yang lebih sehat, mandiri, dan ramah lingkungan,” pungkasnya.