Wujudkan Desa Agritech, Ini Langkah Strategis Tim PPKO Himateta IPB University di Desa Ciaruteun Ilir

Wujudkan Desa Agritech, Ini Langkah Strategis Tim PPKO Himateta IPB University di Desa Ciaruteun Ilir

Wujudkan Desa Agritech, Ini Langkah Strategis Tim PPKO Himateta IPB University di Desa Ciaruteun Ilir
Student Insight

Guna menginisiasi Desa Agritech di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) dari Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian (Himateta) IPB University mengadakan Lokakarya 1, Sabtu (29/6).

Kegiatan berlokasi di Balai Rakyat Indonesia, Desa Ciaruteun Ilir dan dihadiri oleh 39 orang, meliputi aparat desa, tokoh pemuda, dosen pembina, serta kelompok tani sasaran.

Pada momen ini, tim pelaksana PPK Ormawa Himateta IPB University memaparkan program kerja Desa Agritech yang akan dilaksanakan sekaligus meresmikan dimulainya pelaksanaan kegiatan pengabdian di Desa Ciaruteun Ilir.

Menurut Hairullah Rizki, ketua tim pelaksana PPK Ormawa Himateta IPB University, desa ini memiliki potensi besar dalam bidang pertanian. Namun, potensi tersebut belum optimal, salah satunya karena minimnya pemanfaatan teknologi dalam proses bertani.

Hairullah menjelaskan, tema yang diusung adalah Smart Farming. Mahasiswa memperkenalkan program utama yang dinamakan Siraba, yang merupakan singkatan dari Siap Tani, Rawat Tani, dan Bina Tani. Program ini mencakup keseluruhan proses pertanian, mulai dari pengelolaan lahan, penanaman, panen, hingga pengolahan pascapanen.

“Siap Tani adalah program pengelolaan lahan sebelum proses menanam, mencakup kegiatan Inisiasi Pengelolaan Lahan Sayur Presisi (Sipresi). Rawat Tani berfokus pada proses penanaman dan perawatan tanaman, dengan kegiatan seperti Imah Maggot Pintar (Imager), Rumah Kompos Produksi Rakyat (Kompak), Biopori Lahan Sayur (Biyur), Tampungan Air Hujan (Tahan), serta Irigasi Sprinkle Otomatis Lahan Sayur (Isola),” jelas Hairullah.

Selanjutnya, terdapat program Bina Tani yang berfokus pada proses pascapanen. Tujuan program ini adalah untuk memberikan pelatihan pengolahan Pertanian Berbasis Teknologi Efektif dan Kreatif (Rantik) hingga aspek penjualannya melalui e-commerce.

“Nantinya akan ada situs web Bilik Tani yang dapat diakses melalui internet untuk membantu para petani mengelola lahan sayuran dari hulu ke hilir dan menjadi wadah konsultasi dengan dosen IPB University. Penggunaannya akan didampingi oleh mitra agen Desa Agritech,” papar Hairullah.

Dr Agus Sutejo, dosen pembina Himateta IPB University menyampaikan, “Saya berharap mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Desa Ciaruteun Ilir.” Ia juga berharap masyarakat desa dapat memberikan bimbingan dan dukungan kepada tim PPK Ormawa Himateta IPB University selama pelaksanaan program ini.

Amsor, kepala dusun setempat mengungkapkan, “Saya berterima kasih kepada tim pelaksana PPK Ormawa Himateta IPB University dan berharap program ini dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi kelompok tani.” (*/Rz)