Siap Laksanakan KKN-Tematik Inovasi, DPMA IPB University Jajaki Lokasi Pengabdian di 3 Kabupaten Ini

Siap Laksanakan KKN-Tematik Inovasi, DPMA IPB University Jajaki Lokasi Pengabdian di 3 Kabupaten Ini

Siap Laksanakan KKN-Tematik Inovasi, DPMA IPB University Jajaki Lokasi Pengabdian di 3 Kabupaten Ini
Berita

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) IPB University melakukan penjajakan lokasi untuk pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Inovasi di sejumlah kabupaten. Beberapa wilayah tersebut antara lain Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung; dan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Langkah ini merupakan bagian dari persiapan menyukseskan kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dijalankan oleh mahasiswa IPB University dalam program KKNT Inovasi 2024. Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui penerapan inovasi dan teknologi yang tepat guna, serta meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian lokal.

Kegiatan KKN-Tematik Inovasi di Kabupaten Tulang Bawang Barat akan dilaksanakan di lima desa, yaitu Desa Panaragan Jaya Utama, Desa Mulya Jaya, Desa Panaragan Jaya Indah, Desa Tirta Kencana, dan Desa Tirta Makmur.

Delegasi DPMA IPB University yang hadir dalam penjajakan ini berkesempatan untuk berdiskusi dengan pemerintah kecamatan dan desa setempat mengenai potensi dan kebutuhan yang ada. Mereka juga mengunjungi beberapa lokasi di kelima desa tersebut untuk melihat langsung kondisi lapangan dan memetakan program kerja yang akan dijalankan.

“Program KKN-Tematik Inovasi ini merupakan salah satu upaya IPB University untuk memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah melalui pengabdian masyarakat. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat,” kata Danang Aria Nugroho, SE, MSi, Supervisor Layanan Agromaritim dan Digital Farming, DPMA IPB University.

Di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, tim penjajakan lokasi disambut Camat Achmad Nazarudin, SIP, MIP beserta para kepala desa. Achmad berharap kegiatan KKN-Tematik Inovasi ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat di sana. “Kami juga berharap mahasiswa dapat berbaur dengan masyarakat setempat dengan baik dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya lokal,” ujarnya.

Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Lampung Timur. Wakil Bupati Kabupaten Lampung Timur, Azwar Hadi, SE, MS turut mengapresiasi inisiatif IPB University untuk menjadikan Lampung Timur sebagai lokasi baru pelaksanaan KKN-Tematik Inovasi. Di Kabupaten Lampung Timur, lokasi KKN-Tematik Inovasi dilaksanakan di dua desa, yaitu Desa Taman Endah dan Desa Taman Negeri.

“Kami sangat menyambut baik kedatangan DPMA IPB University dan berharap kegiatan KKN-Tematik Inovasi ini dapat membuka peluang kolaborasi yang lebih luas serta memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kabupaten Lampung Timur,” tutur Azwar.

Sementara, di Kabupaten Wonogiri, kunjungan dilakukan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Karang Tengah dan Kecamatan Jatipurno. Penjajakan dilakukan langsung oleh Dr Ninuk Purnaningsih selaku Dosen Koordinator Wilayah (Korwil) KKN-Tematik Inovasi Kabupaten Wonogiri beserta salah satu Dosen Pembimbing Lapang (DPL), yakni Krishandini, MPd.

Kedua kecamatan tersebut terletak di dataran tinggi. Kecamatan Karang Tengah dan Jatipurno memiliki potensi besar di bidang pertanian dan perkebunan, salah satunya komoditasnya adalah cengkeh.

Di Kecamatan Karang Tengah, komoditas lainnya berupa sayuran konsumsi harian, seperti cabai, timun, tomat, sawi hijau, kacang panjang, dan buncis. Adapun di Jatipurno, kecamatan ini juga memiliki potensi pariwisata dengan beberapa hutan wisata yang juga berperan sebagai lokasi konservasi alam.

“Terima kasih sudah memilih Kecamatan Jatipurno sebagai tempat pelaksanaan KKN-Tematik Inovasi. Semoga kegiatan yang dilakukan mahasiswa IPB University dapat membantu dan memotivasi masyarakat,” sambut Dwi, Sekretaris Kecamatan Jatipurno ketika menerima kunjungan tim IPB di Kantor Kecamatan Jatipurno. (*/Rz)