Program Sinergi Berqurban 2024, Mahasiswa IPB Distribusikan 235 Paket Daging Kurban untuk Desa Lingkar Kampus

Program Sinergi Berqurban 2024, Mahasiswa IPB Distribusikan 235 Paket Daging Kurban untuk Desa Lingkar Kampus

Program Sinergi Berqurban 2024, Mahasiswa IPB Distribusikan 235 Paket Daging Kurban untuk Desa Lingkar Kampus
Student Insight

Keluarga Lingkaran Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah (Galaksi) IPB University dan Forum Mahasiswa Pascasarjana (FW) IPB University melalui divisi Bidikmisi Turun Desa (BMTD) Galaksi dan Community Development (Comdev) FW berkolaborasi menyelenggarakan program Sinergi Berqurban 2024. Ini merupakan tahun kedua program kolaborasi yang terselenggara dengan lokasi yang berbeda, yaitu di Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat.

Ketua pelaksana, Muhammad Luthfi Ichsan Syam menyampaikan, Sinergi Berqurban 2024 merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa IPB University untuk warga desa lingkar kampus yang membutuhkan. Ia mengatakan, program ini mendapat sambutan hangat dan antusias dari masyarakat Kelurahan Balumbang Jaya, bahkan sejak survei lokasi dilakukan.

“Masyarakat sangat antusias dengan acara ini. Jujur aja teh, kurban di Musala Nurul Iman ini sangat jarang. Kalaupun ada, warga nggak kebagian rata. Kalau dari RT lain mah ada. Tapi ya, dagingnya nggak pernah sampai ke sini. Jadi, bapak terharu banget tahun ini di Musala Nurul Iman ada kurban,” tutur Nanang, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di RW 04 Kelurahan Balumbang Jaya kepada mahasiswa saat ditemui di lokasi penyembelihan (17/6).

Antusias yang sangat tinggi dari masyarakat Kelurahan Balumbang Jaya menjadi salah satu dorongan bagi panitia Sinergi Berqurban untuk mengumpulkan donasi. Bentuk donasi yang dibuka bukan hanya untuk berkurban saja, melainkan juga untuk sedekah daging, sehingga harapannya tidak memberatkan mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dalam program ini.

“Semua hewan hari ini kami dapatkan dari open donasi yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Alhamdulillah, respon dari teman-teman civitas IPB University dan masyarakat sekitar juga bagus banget dan mendukung kegiatan ini,” tutur Luthfi menjelaskan.

Dengan waktu yang relatif singkat, mahasiswa IPB University sukses mendapatkan donasi dari Yayasan Gladiagri 28 berupa seekor sapi dan dua domba. Panitia juga berhasil menghimpun donasi sedekah daging sebanyak Rp11.975.554. Hasil donasi tersebut digunakan untuk membeli tiga ekor domba dan dua kambing.

Mahasiswa IPB University bersama masyarakat Kelurahan Balumbang Jaya bergotong royong dalam menyembelih dan mendistribusikan 235 paket daging kepada masyarakat sekitar.

Antusias masyarakat lagi-lagi terlihat dari panjangnya antrean yang sangat tertib dan wajah sumringah yang terpancar setelah mereka mendapat paket daging dari panitia.

“Seneng banget, teh. Akhirnya bisa dapet daging. Walaupun cuma sedikit, tapi rata gitu, teh. Biasanya mah kami nggak dapet sama sekali, cuma bisa lihat doang teh,” tutur salah satu warga sumringah.

“Secara keseluruhan, pelaksanaan Sinergi Berqurban 2024 terbilang sukses. Program ini pun mendapat apresiasi dari kelurahan, karena kepeduliannya terhadap masyarakat,” ucap Hizkia Immanuel selaku Ketua Galaksi tahun 2024.

Selain itu, segenap Pemerintah Kelurahan beserta Babinsa dari Koramil setempat juga turut hadir dan memberi apresiasi kepada mahasiswa IPB University. Mereka berharap agar program yang ada bisa berkelanjutan.

“Kegiatan Sinergi Berqurban ini awal yang bagus sebagai program pengabdian masyarakat yang nantinya akan dilaksanakan oleh temen-temen IPB University di sini. Semoga ini bisa berkelanjutan,” jelas Obby, Sekretaris Kelurahan Balumbang Jaya. (*/Rz)