Jadi Tuan Rumah LIDM 2024, Satu Tim Mahasiswa IPB University Raih Juara 3 Video Digital Pendidikan

Jadi Tuan Rumah LIDM 2024, Satu Tim Mahasiswa IPB University Raih Juara 3 Video Digital Pendidikan

Jadi Tuan Rumah LIDM 2024, Satu Tim Mahasiswa IPB University Raih Juara 3 Video Digital Pendidikan
Berita

IPB University sukses menjadi tuan rumah Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Acara ini berlangsung pada (9-12/6), diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Tahun ini, LIDM mengusung tema “Tracing Indonesia’s Education Journey Building Foundation for an Excellent Future through Digital Literacy”.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek, Prof Sri Suning Kusumawardani, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan LIDM pada tahun 2024 di IPB University.

Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa pendidikan tidak lepas dari inovasi. Menurutnya, inovasi pendidikan dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat.

“LIDM memiliki peran yang penting untuk reformasi penggerak dalam bidang pendidikan yang didorong dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ungkap Prof Sri Suning saat puncak acara LIDM di Kampus IPB Dramaga, (12/6).

Lebih lanjut, Kepala Pusat Prestasi Nasional, Dr Maria V Irene Herdjiono, berharap bahwa inovasi dari LIDM ini dapat digunakan secara personal kepada mahasiswa maupun pelajar ke depannya. “Semangat dan manfaatkan-lah waktu ini untuk berkolaborasi dan berprestasi sebanyak banyaknya,” ujarnya.

Pada kesempatan sama, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana menyatakan, “Semua mahasiswa peserta LIDM akan menjadi pemimpin bangsa yang lebih baik dari kami. Semoga kegiatan LIDM ini bisa menjadi sarana kolaborasi dalam menerapkan inovasi yang dapat meningkatkan pembangunan Indonesia.”

Direktur Kemahasiswaan IPB University, Dr Ujang Suwarna menambahkan, setiap tim sudah berjuang untuk membuat inovasi dengan kreativitas yang tinggi dalam bidang pendidikan. “Semua tim merupakan juara karena jujur itu juara,” ucapnya.

Puncak acara ditandai dengan pengumuman pemenang dari berbagai kategori yang dilombakan. Dalam kompetisi LIDM 2024 ini, satu tim mahasiswa IPB University berhasil keluar sebagai juara ketiga untuk kategori Video Digital Pendidikan. (*/Rz)