Ikuti MSIB, Mahasiswa Akuntansi IPB University, Tantang Diri Pelajari Dunia Marketing di BPJS Ketenagakerjaan

Ikuti MSIB, Mahasiswa Akuntansi IPB University, Tantang Diri Pelajari Dunia Marketing di BPJS Ketenagakerjaan

Ikuti MSIB, Mahasiswa Akuntansi IPB University, Tantang Diri Pelajari Dunia Marketing di BPJS Ketenagakerjaan
Student Insight

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merupakan salah satu inisiatif unggulan dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini dirancang untuk memberikan mahasiswa pengalaman kerja nyata serta kesempatan belajar di luar kampus secara terstruktur dan bersertifikat.

Salah satu peserta program MSIB adalah Anis Laila, mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University semester 6 dari Program Studi (Prodi) Akuntansi, yang berani keluar dari zona nyamannya untuk terjun mencicipi dunia marketing.

Anis Laila yang terbiasa dengan angka, laporan keuangan dan analisis data, memutuskan untuk mendalami bidang marketing dengan mengikuti program magang di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek. Keinginannya untuk memahami bagaimana produk, jasa, atau program layanan dapat menarik minat konsumen dan bagaimana strategi pemasaran yang efektif dapat memastikan kepuasan klien, mendorongnya mengambil langkah ini.

“Saya ingin mengeksplor lebih dalam mengenai bidang asuransi dan bagaimana memberikan layanan pelanggan yang baik serta memahami kebutuhan klien untuk membangun hubungan yang berkelanjutan,” kata Anis.

Memilih bagian Account Representative Khusus/Marketing di BP Jamsostek sebagai tempat magang adalah keputusan yang penuh pertimbangan. Meskipun berasal dari Prodi Akuntansi, Anis yakin bahwa tekad yang kuat dan kemauan untuk belajar dapat membantunya berhasil.

Menurutnya, marketing dan akuntansi, meskipun berbeda, saling melengkapi. Kemampuan menganalisis data keuangan dan memberikan wawasan tentang profitabilitas dan biaya akuisisi pelanggan adalah keterampilan yang sangat berharga dalam bidang marketing.

“Marketing tidak hanya tentang memperkenalkan produk, tetapi juga memahami aspek keuangan dan akuntansi. Ini membantu dalam menganalisis data keuangan dan memberikan wawasan tentang profitabilitas dan biaya akuisisi pelanggan,” jelas Anis.

Account Representative Khusus/Marketing di BPJS Ketenagakerjaan berperan penting dalam menjaga hubungan dengan mitra atau pelanggan khusus. Mereka bertanggung jawab memastikan bahwa layanan dan program yang ditawarkan diterima dengan baik. Tugas mereka mencakup edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam program-program BP Jamsostek serta memastikan bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan terpenuhi.

Selama magang, Anis mengembangkan banyak kompetensi baru, terutama dalam kemampuan berkomunikasi dan beradaptasi. Dia menjadi lebih berani berinteraksi dengan banyak orang dan mengatasi rasa ragu ketika berbicara di depan umum.

“Pengalaman dan latihan yang saya dapatkan membuat saya lebih percaya diri dalam menyampaikan ide-ide atau pendapat. Saya belajar bagaimana menyampaikan informasi dengan cara yang mudah dimengerti oleh berbagai macam orang,” ungkap Anis.

Bagi dia, peran mentor juga sangat membantu dalam pengembangan kompetensi. Anis merasa beruntung mendapatkan mentor yang mendukung dan memberikan solusi atas setiap masalah yang dihadapi. “Alhamdulillah, saya memiliki mentor yang sangat baik. Mereka selalu mendengarkan secara aktif dan memberikan perhatian penuh terhadap keluhan para mentee,” tambah Anis.

Keputusan Anis untuk magang di dunia marketing adalah langkah berani yang menunjukkan semangat belajar dan adaptasi yang tinggi. Pengalaman ini tidak hanya memperluas wawasan pribadinya, tetapi juga membuka berbagai kesempatan karier yang lebih luas.

“Beranilah mencoba hal baru, karena di dalam tantangan itulah kita menemukan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dan menjelajahi dunia baru yang menarik,” pesan Anis kepada mahasiswa lainnya.

Program MSIB tidak hanya memberikan pengalaman praktis, tetapi juga membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan dengan industri, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan profesional di masa depan. (ALL/AKI/ASW/Rz)