Lewat Festival Gerakoman 2024, Fema IPB University Eskalasi Perilaku Ramah Lingkungan

Lewat Festival Gerakoman 2024, Fema IPB University Eskalasi Perilaku Ramah Lingkungan

Lewat Festival Gerakoman 2024, Fema IPB University Eskalasi Perilaku Ramah Lingkungan
Berita

Tahun ini, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University kembali menggelar Festival Gerakan Ekologi Manusia (Gerakoman) 2024 dengan menilik tema “Melangkah Bersama: Meningkatkan Komitmen dalam Aksi Ekologi Manusia”. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Darmaga pada Jum’at, 31/5.

Acara tahunan sekaligus diadakan sekaligus Soft Launching Sustainable Lifestyle Action yang menjadi simbol pentingnya ekologi manusia dan kelestarian lingkungan. Kegiatan bertujuan mendorong seluruh warga IPB University untuk mengadopsi gaya hidup lebih ramah lingkungan. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang dan berkelanjutan.

Dr Rina Mardiana selaku Wakil Kepala Bidang Pengembangan Reputasi Kampus Berkelanjutan (BPKB) IPB University yang juga Koordinator Mata Kuliah Ekologi Manusia dalam sambutannya mengatakan, soft launching aksi tersebut diharapkan dapat membentuk generasi mendatang yang secara konsisten berperilaku ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Lewat proyek Gerakoman tantangan 21 hari ditujukan untuk membentuk kebiasaan ramah lingkungan demi merespon tiga jurang kesenjangan, yaitu jurang ekologis, jurang sosial, dan jurang spiritual,” ungkapnya.

“Festival Gerakoman juga akan di-scale up, bukan hanya sebagai proyek mata kuliah namun menjadi aksi nyata di tingkat IPB University bahkan nasional,” lanjut dia.

Kepala Badan Pengembangan Kampus Berkelanjutan, Dr Ibnul Qayim juga mengatakan dalam sambutannya, gerakan ini merupakan aksi nyata kampus IPB sebagai kampus berkelanjutan.

Sementara, Rektor IPB University, Prof Arif Satria yang hadir secara daring mengatakan, “Sustainable Lifestyle Action merupakan gerakan baru yang mampu menginspirasi khalayak, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan lingkungan seperti food waste,” ujarnya.

Festival ini juga diisi dengan acara Talkshow on Sustainable Lifestyle Action turut mengundang Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr H Purwanto, CEO Self Learning Institute, Mochamad Irvan Efrizal dan Koresponden CNN, Intan Natanaya sebagai narasumber.

Dalam kesempatan tersebut, penghargaan Champion Sustainable Lifestyle Action diberikan kepada para tokoh dan akademisi IPB University yang telah menginspirasi dan secara konsisten mempraktikkan perilaku hidup yang ramah lingkungan. Penghargaan tersebut diberikan kepada Prof Husni Alatas, Heru Purwandari MSi, Prof Arief Sabdo Yuwono, Dr Rer Agr Eva Anggraini. (MW/Lp)