Songsong Generasi Emas, Seminar Nasional Statistika dan Sains Data 2024 Digelar di IPB University

Songsong Generasi Emas, Seminar Nasional Statistika dan Sains Data 2024 Digelar di IPB University

Songsong Generasi Emas, Seminar Nasional Statistika dan Sains Data 2024 Digelar di IPB University
Berita

Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University menggelar Seminar Nasional Statistika dan Sains Data (SNSSD) 2024, di Auditorium Common Class Room (CCR), 27/5. Kegiatan SNSSD 2024 mengusung tema “Menyongsong Generasi Emas Berlandaskan Statistika dan Sains Data.”

Ketua Pelaksana, Septian Rahardiantoro, PhD mengatakan seminar statistika dan sains data ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun. Menurutnya, seminar ini menjadi wadah bagi perkembangan ilmu statistika dan sains data di Indonesia.

“Seminar ini sebagai wadah perkembangan ilmu statistika dan sains data di Indonesia. Selain itu, SNSSD juga menjadi wadah bagi Departemen Statistika dan Sains Data IPB University untuk mempercepat kelulusan mahasiswa karena dengan mengikuti seminar, mahasiswa dapat mempresentasikan tugas akhirnya dan dilanjutkan sidang skripsi,” ujar Septian Rahardiantoro, PhD, dosen IPB University dari Program Studi Statistika dan Sains Data.

Septian menambahkan, selain seminar, terdapat pameran karya dari 80 peserta. Karya tersebut antara lain, poster, infografis, dan dashboard. Dalam acara ini juga, terdapat peluncuran Pusat Statistika dan Sains Data (Pustaka) sebagai pusat data berbagai disiplin ilmu.

Dekan FMIPA IPB University, Dr Berry Juliandi turut mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. “Kami mengapresiasi Departemen Statistika dan Sains Data sebagai salah satu departemen dengan persentase kelulusan tepat waktu tertinggi di FMIPA IPB University,” katanya.

Ia juga mengapresiasi usaha para mahasiswa yang telah menjadi panitia. “Terima kasih kepada para mahasiswa yang telah menyiapkan seminar ini. Dengan diselenggarakannya seminar ini, mahasiswa harus memanfaatkan momentum ini untuk terus belajar dan mengembangkan diri,” kata Dr Berry Juliandi.

Seminar Nasional Statistika dan Sains Data 2024 menghadirkan beberapa pembicara, antara lain Prof Muhammad Nur Aidi, Andini Nauli Nasution, SSi, dan Sufyan Masood, M.B.A.

Peserta SNSSD 2024 berasal dari berbagai perguruan tinggi seperti IPB University, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Karya, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, UIN Walisongo Semarang, Universitas Islam Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pakuan, Universitas Pamulang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan Universitas Terbuka. (/ra)