Mahasiswa IPB University Kampus Sukabumi Sukses Gelar Festival Bazar UMKM

Mahasiswa IPB University Kampus Sukabumi Sukses Gelar Festival Bazar UMKM

Mahasiswa IPB University Ber Penyuluhan Manfaat Daun Pepaya untuk Pestisida Nabati
Student Insight

Mahasiswa Program Studi Manajemen Agribisnis (MAB) Kelas Q Sekolah Vokasi IPB Sukabumi berhasil melaksanakan Project Based Learning (PBL) melalui Festival Bazar UMKM, 12/5. Festival UMKM digelar di Sekolah Vokasi IPB University Kampus Sukabumi dengan tujuan mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sukabumi serta memperkenalkan kampus kepada masyarakat luas.

Festival Bazar UMKM ini merupakan bagian dari implementasi PBL dalam mata kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis. Melalui festival ini, mahasiswa berkesempatan mengasah keterampilannya dalam memasarkan produk, mengatur acara, serta memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan usaha. Sedikitnya, ada 20 UMKM dari Kota dan Kabupaten Sukabumi yang berpartisipasi dalam festival ini. Para UMKM memamerkan berbagai produk mulai dari makanan tradisional hingga modifikasi, serta produk kerajinan seperti tas dan pernak-pernik.

Koordinator Mata Kuliah Komunikasi dan Negosiasi Bisnis, Dr Yusalina membuka Festival UMKM dengan memotong pita yang tersemat di gapura. Dalam pembukaannya, ia menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam konteks pembelajaran bagi mahasiswa dan mengungkapkan rasa bangganya terhadap kerja keras panitia.

“Kegiatan ini merupakan langkah penting bagi mahasiswa dalam mempelajari komunikasi dan negosiasi bisnis secara praktis. Saya bangga dengan dedikasi dan kerja keras para panitia yang telah mengadakan acara ini,” ujar Dr Yusalina.

Sementara itu, Wakil Manajer Kampus IPB Sukabumi, Dr Andri Iskandar, mengapresiasi para mahasiswa yang berhasil menyelenggarakan festival UMKM ini. Ia berharap para mahasiswa mampu menjadi wirausaha yang berkontribusi pada kemajuan masyarakat setelah lulus nanti.

“Saya berharap mahasiswa tidak hanya menjadi job seeker setelah lulus, tetapi juga belajar menjadi wirausaha yang berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat, tidak hanya di Sukabumi, tetapi juga di seluruh Indonesia,” kata Dr Andri.

Sebagai bagian dari festival, mahasiswa MAB IPB University juga mengundang Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi untuk menjadi narasumber dalam seminar bagi pelaku UMKM. Seminar ini bertujuan memberikan pemahaman dan membuka kesempatan bagi UMKM yang hadir untuk saling menjalin kerjasama.

Festival Bazar UMKM ini menegaskan komitmen SV IPB Sukabumi dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri. Acara ini membuktikan bahwa pendidikan berbasis proyek dapat memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa dan masyarakat. Dengan suksesnya acara ini, SV IPB Sukabumi berharap dapat terus mendukung dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal serta menginspirasi mahasiswa untuk terus berinovasi dan mengembangkan keterampilan mereka. (QUH/AIS/ASW/ra)