Prodi Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi IPB dan PDHI Jawa Barat 2 Gelar Bakti Sosial Sterilisasi Kucing Betina

Prodi Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi IPB dan PDHI Jawa Barat 2 Gelar Bakti Sosial Sterilisasi Kucing Betina

Prodi Paramedik Veteriner Sekolah Vokasi IPB dan PDHI Jawa Barat 2 Gelar Bakti Sosial Sterilisasi Kucing Betina
Berita

Dalam rangka mengendalikan populasi kucing yang berpotensi mengganggu kesehatan masyarakat, Program Studi (Prodi) Paramedik Veteriner (PVT) Sekolah Vokasi IPB University, bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat 2, mengadakan kegiatan bakti sosial sterilisasi kucing betina (ovariohisterektomi) pada Kamis (16/5).

Acara yang dilakukan di Klinik Hewan Sekolah Vokasi IPB University ini tidak hanya bertujuan untuk membantu mengurangi populasi kucing yang tidak terkendali, tetapi juga untuk mengasah keterampilan praktis mahasiswa di bidang veteriner.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Sekolah Vokasi IPB University bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan, Dr Anita Ristianingrum mengapresiasi kegiatan tim Prodi PVT IPB University. Ie menyebut, kegiatan ini sebagai bukti nyata responsivitas Sekolah Vokasi IPB University terhadap masalah kesehatan hewan dan masyarakat.

“Kami di Sekolah Vokasi IPB University menyambut baik dan mendukung penuh acara ini. Melalui Prodi PVT, kami terus berupaya peka dan responsif terhadap isu-isu kesehatan di masyarakat,” ujar Dr Anita.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan penghargaannya atas kolaborasi yang berkelanjutan dengan PDHI Cabang Jawa Barat 2. “Terima kasih kepada PDHI Cabang Jawa Barat 2 yang terus mendukung dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Kami harap dapat terus berlanjut untuk memberikan dampak positif yang lebih luas,” ujar Dr. Anita.

Sementara itu, Ketua PDHI Cabang Jawa Barat 2, drh Soenarti D Waspada, MS, MARS, menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah populasi kucing.

“Kami berharap kegiatan pengabdian seperti ini bisa terus dikembangkan oleh tim PVT IPB University untuk mendidik masyarakat dan memastikan bahwa populasi kucing tetap terkendali, yang tidak hanya menguntungkan kesehatan masyarakat tetapi juga kesejahteraan hewan,” kata Dr Soenarti.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan berhasil mensterilisasi 15 ekor kucing. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberi kontribusi yang signifikan dalam mengendalikan populasi kucing.

Dengan keberhasilan ini, Sekolah Vokasi IPB University dan PDHI Cabang Jawa Barat 2 berkomitmen untuk melanjutkan dan memperluas kegiatan serupa di masa depan, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan komitmen terhadap pendidikan veteriner yang aplikatif dan bermanfaat. (ASW/Rz)