Pastikan UTBK-SNBT di IPB University Lancar, Kantor Manajemen Mutu IPB Kontrol Ketat

Pastikan UTBK-SNBT di IPB University Lancar, Kantor Manajemen Mutu IPB Kontrol Ketat

Pastikan UTBK-SNBT di IPB University Lancar, Kantor Manajemen Mutu IPB Kontrol Ketat
Berita

Pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) di IPB University tahun ini, Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB University lakukan kontrol ketat terhadap serangkaian pelaksanaan seleksi jalur ini.

“Secara organisasi KMM adalah salah satu organ yang bertugas untuk monitoring dan evaluasi (monev) yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) dari Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB),” ungkap Kepala KMM IPB University, Dr I Wayan Nurjaya, MSc.

Dalam SK tersebut, lanjutnya, terdapat tugas yang harus dilaksanakan KMM yang ditunjuk sebagai koordinator monev. “Kami bertugas untuk memastikan jalannya pelaksanaan UTBK sudah sesuai dengan Prosedur Operasional Baku (POB) yang sudah diterapkan oleh panitia pusat mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai akhir kegiatan,” tuturnya.

“KMM juga ditugaskan dalam menggali informasi dari para pengawas, mahasiswa atau orang tua peserta dalam pelaksanaan UTBK untuk dijadikan evaluasi ataupun perbaikan ke depannya. Hasilnya kami laporkan ke panitia pusat dengan instrumen yang sudah mereka sediakan,” ujar Dr I Wayan.

Ia mengungkapkan bahwa KMM memiliki kewajiban berkoordinasi dengan Ketua Pelaksana UTBK yaitu Wakil Rektor Pendidikan dan Kemahasiswaan. Selain itu KMM juga harus mengoordinasikan kegiatan monev dengan menugaskan anggota KMM ke beberapa lokasi UTBK di IPB University.

“Dalam pelaksanaan UTBK kesiapan panitia dalam melayani peserta UTBK harus diperhatikan. Fasilitas komputer dan ruang ujian di IPB University sudah memadai untuk digunakan oleh peserta UTBK. Fasilitas lainnya seperti parkir, kantin, hingga petunjuk atau informasi juga disediakan di sekitar lokasi ujian. Panitia juga sudah menyediakan transportasi umum seperti bus untuk para peserta UTBK,” ungkapnya.

Selain itu ia menjelaskan bahwa IPB University memiliki tempat yang dapat dikunjungi oleh para orang tua peserta UTBK seperti museum dan danau SDGs. KMM IPB University juga telah melayani peserta UTBK yang memiliki disabilitas dengan menyediakan fasilitas sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Aspek kenyamanan dan keamanan sudah kita pastikan dan alhamdulillah selama ini banyak apresiasi untuk panitia di IPB University. Panitia juga sudah menyiapkan berbagai antisipasi kemungkinan jika ada suatu hal yang terjadi di luar dugaan,” ucap Dr I Wayan.

Ia berharap, kegiatan monev oleh KMM IPB University pada pelaksanaan UTBK bisa dilaksanakan dengan baik dan kualitasnya bisa meningkat di tahun berikutnya. “Dengan begitu, tahun depan akan lebih banyak calon mahasiswa yang memiliki minat untuk masuk ke IPB University dan mutunya akan terus kita jaga dan tingkatkan,” tutupnya. (Lp)