Tertarik Pelajari Tingkah Laku Ikan Sampai Desain Kapal? Yuk Cek Prodi IPB University Ini

Tertarik Pelajari Tingkah Laku Ikan Sampai Desain Kapal? Yuk Cek Prodi IPB University Ini

Tertarik Pelajari Tingkah Laku Ikan Sampai Desain Kapal? Yuk Cek Prodi IPB University Ini
Berita

Apakah kamu pernah mengamati bagaimana tingkah laku ikan? Atau penarasan bagaimana beragam alat tangkap dan kapal didesain? Ternyata, hal itu dipelajari dan menjadi salah satu mata kuliah di Program Studi (Prodi) Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap IPB University.

Di prodi ini, mahasiswa dapat mempelajari tingkah laku ikan di mata kuliah Tingkah Laku Ikan dan praktik merangkai alat tangkap ikan di mata kuliah Alat Penangkapan Ikan. Selain itu, mata kuliah Kapal Perikanan juga menjadi salah satu favorit mahasiswa. Sebab, mereka dapat belajar untuk mendesain sendiri kapal tangkap saat praktikum.

Prodi yang berada di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University ini memiliki cakupan pembelajaran yang luas. Mulai dari pengelolaan hingga kebijakan perikanan.

Di sini, mahasiswa akan mempelajari berbagai disiplin ilmu. Antara lain arsitektur perkapalan, biologi perikanan, oseanografi, hidroakustik, teknologi penanganan dan pemrosesan ikan hingga pemasaran dan ekonomi perikanan.

Dhea Khaerani Hudaya, Lulusan Terbaik FPIK asal SMA Negeri 2 Cibinong, Bogor, membagikan kesannya selama berkuliah di Prodi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap IPB University.

“Selama kuliah di prodi ini, saya merasakan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Selain fasilitas yang mendukung, teman-teman yang beragam dan dosen pengajar yang begitu akrab dengan mahasiswa juga membuat masa perkuliahan semakin menyenangkan,” ujar Dhea yang berencana bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu.

Dengan memilih Prodi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap, kita juga menjadi orang yang beruntung karena dapat memanfaatkan kekayaan laut Indonesia. Kita tahu, potensi sumber daya laut kita amat besar. Karena itu, potensi tersebut amat perlu didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang juga mumpuni.

Standar dan kualitas program studi ini juga dibuktikan dengan perolehan akreditasi nasional Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nilai ‘A’ dan terakreditasi internasional dari The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Tidak sedikit alumni yang sukses berkarier sebagai petinggi perusahaan dan pemangku kebijakan di bidang kelautan dan perikanan. Sebagai contoh, Imas Masriah (Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap) dan Kusdiantoro (Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan).

Prospek kerja
Prospek kerja prodi ini yang dapat dipilih di antaranya Kementerian Kelautan dan Perikanan, konsultan bidang perikanan dan kelautan, perencana dan penanggung jawab sosial perusahaan (CSR) multinasional di sektor perikanan, hingga entrepreneur atau pengusaha di bidang perikanan dan kelautan. (MW/Rz)