Prospeknya Cerah, Masa Gak Pilih Prodi Statistika dan Sains Data IPB University? Yang Bener Aja, Rugi Dong!

Prospeknya Cerah, Masa Gak Pilih Prodi Statistika dan Sains Data IPB University? Yang Bener Aja, Rugi Dong!

Prospeknya Cerah, Masa Gak Pilih Prodi Statistika dan Sains Data IPB University? Yang Bener Aja, Rugi Dong!
Berita

Dalam era digital dan informasi yang terus berkembang, kebutuhan akan para ahli statistika dan data scientist semakin meningkat. Program studi (prodi) statistika dan sains data menjadi pilihan yang cerdas dalam menentukan masa depan karier.

IPB University, salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, menawarkan Prodi Statistika dan Sains Data yang menghasilkan lulusan yang ahli di bidang data. Prodi Statistika dan Sains Data IPB University merupakan prodi sarjana (S1) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Keunggulan prodi ini antara lain luasnya jejaring kerja sama yang kuat, baik dengan industri maupun instansi pemerintah. Karena itu, prodi ini membuka lebar kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dan meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja lewat program magang yang terstruktur.

Prodi Statistika dan Sains Data IPB University juga telah terakreditasi ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu, sebagian besar dosennya merupakan doktor ahli lulusan perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Jerman, Jepang, Australia, Kanada, Blegia, Korea Selatan dan lainnya.

Salah satu lulusan terbaik dari FMIPA IPB University yang berasal dari Prodi Statistika dan Sains Data, Arifah Afdila Atmaja, berbagi pengalaman tentang fleksibilitas ilmu statistika. “Dengan ilmu yang saya peroleh selama berkuliah di IPB University, akhirnya mengantarkan cita-cita saya untuk menjadi seseorang yang ahli di bidang data,” ungkap Arifah.

Selama berkuliah, Arifah juga menyempatkan diri untuk mengikuti magang di beberapa perusahaan sebagai data analyst intern. Pengalaman tersebut memberikan banyak dorongan dalam dirinya untuk terus mengembangkan diri.

Di prodi ini, mahasiswa akan belajar mengembangkan ilmu statistika, analitika dan sains data dalam pengumpulan dan pengolahan data. Mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu terkait penggalian informasi berbasis analisis data dan pemodelan, hingga penyajian hasil analisis data untuk penarikan kesimpulan secara sah.

Prospek kerja lulusan Prodi Statistika dan Sains Data IPB University sangat menjanjikan. Dengan landasan ilmu yang kuat, memungkinkan lulusannya untuk mencari peluang karier di berbagai sektor.

Lulusannya bisa menjadi seorang ahli statistik/statistician, peneliti, research executive, junior researcher, research assistant di perusahaan konsultan bisnis, marketing research, lembaga pemerintah serta berbagai lembaga survei opini publik.

Selain itu, lulusan Prodi Statistika dan Sains Data IPB University juga dibutuhkan sebagai data scientist, business analyst, customer analytics di perusahaan startup, marketplace, perusahaan telekomunikasi, bank dan banyak perusahaan multinasional.

Posisi lainnya termasuk data analyst, executive data processing, dan market analyst di perusahaan manufaktur, perusahaan retail, perusahaan jasa keuangan dan asuransi, serta konsultan bisnis.

Jadi, dengan prospek karier cerah nan menjanjikan itu, kamu masih ragu pilih Prodi Statistika dan Sains Data IPB University? Yang bener aja, rugi dong!