Lulusannya Banyak Dicari! Ini Prospek Karier Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University

Lulusannya Banyak Dicari! Ini Prospek Karier Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University

Lulusannya Banyak Dicari! Ini Prospek Karier Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University
Berita

Selain memiliki beragam cabang ilmu sains dan teknologi, IPB University juga menyediakan pilihan rumpun ekonomi dan humaniora (soshum). Salah satu program studi (prodi) sarjana (S1) yang bisa kamu pilih di rumpun ini adalah Prodi Ekonomi Pembangunan.

Ekonomi pembangunan menjadi instrumen ekonomi yang menjadi akselerator untuk pembangunan suatu negara. Di IPB University Prodi Ekonomi Pembangunan dikelola di bawah Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University mempersiapkan lulusannya menjadi pemimpin masa depan dalam memandu proses pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Mahasiswa diajarkan berbagai aspek penting dalam pembangunan, termasuk industri, perbankan, keuangan, bisnis hingga aspek peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Keterampilan yang dapat diperoleh di prodi ini antara lain analisis kebijakan, penelitian ekonomi dan kemampuan mengolah data,” ujar Ali Akbar Ritogan, salah satu mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University.

Sosok peraih medali emas bidang ekonomi di Kejuaraan Sains Nasional (KSN) ini juga mengatakan, “Biasanya lulusan program ini sering dicari oleh instansi pemerintah, lembaga keuangan, serta sektor swasta untuk berkontribusi dalam merancang kebijakan ekonomi, perencanaan pembangunan dan analisis pasar.”

Menurut Ali, Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University memberikannya pemahaman mendalam tentang ekonomi global dan lokal. Modal tersebut dapat menjadi nilai tambah dalam berbagai bidang, seperti perbankan, konsultansi dan bisnis internasional. Keahlian dalam ekonometrika dan analisis data juga dapat membuka kesempatan karier untuk posisi di bidang riset dan analisis ekonomi.

“Prodi ini biasanya mencakup pemahaman mendalam tentang teori ekonomi, kebijakan pembangunan, analisis data ekonomi, dan keterampilan manajemen. Mahasiswa akan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, distribusi pendapatan serta strategi pembangunan ekonomi,” tuturnya.

Saat ini, Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University terakreditasi nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Lulusannya diharapkan memiliki kualitas dan kompetensi yang tinggi sehingga memiliki peluang karier yang lebih luas dan menjanjikan.

Berbekal kemampuan penguasan konsep, teori dan metode analisis ekonomi makro dan mikro, lulusan Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University dapat menempuh karier sebagai analis di lembaga pemerintahan, lembaga keuangan dan perusahaan swasta.

Lulusannya juga bisa menjadi dosen dan peneliti. Tak hanya itu, mereka juga berpeluang membuka lapangan kerja sebagai entrepreneur ataupun sebagai konsultan. (Samsul/Rz)