Teaching Industry Fakultas Pertanian IPB University Raih Juara 3 Kontes Tanaman Hias Anthurium Internasional

Teaching Industry Fakultas Pertanian IPB University Raih Juara 3 Kontes Tanaman Hias Anthurium Internasional

Teaching Industry Fakultas Pertanian IPB University Raih Juara 3 Kontes Tanaman Hias Anthurium Internasional
Berita

Ribuan pecinta tanaman hias antusias menghadiri kegiatan “Anthurium dan Kita #2” yang diselenggarakan di Godong Ijo, Depok, Jawa Barat (16-18/2). Acara ini merupakan perhelatan akbar bagi para pecinta anthurium, menghadirkan berbagai kegiatan menarik seputar tanaman hias populer ini.

Teaching Industry Fakultas Pertanian (TI Faperta) IPB University turut berpartisipasi mengikuti pameran sekaligus kontes tanaman hias khusus anthurium yang dihadiri oleh kolektor, penangkar, petani, influencer, artis dan hobiis anthurium tingkat dunia. Peserta yang hadir mulai dari Indonesia, Thailand, Jepang, India, dan Filipina. Acara yang bertajuk Anthurium dan Kita#2 ini mengusung tema ‘Exploring Anthurium to The Limit’.

Anthurium sendiri adalah tanaman hias yang populer beragam bentuk, karakter daun, dan tahan lama. Tanaman ini berasal dari Amerika dan memiliki banyak variasi dengan bentuk dan warna yang beragam. Anthurium dikenal sebagai tanaman yang mudah beradaptasi dan dapat ditanam di berbagai kondisi lingkungan.

Lebih dari 47 booth tanaman hias dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan pameran ini. Ribuan pecinta anthurium terpesona jenis anthurium langka dan unik, seperti Anthurium andraeanum, Anthurium crystallinum, dan Anthurium veitchii.

Para pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai talkshow dan workshop seputar anthurium. Sejumlah pakar dan praktisi tanaman hias berbagi ilmu dan tips mengenai perawatan anthurium, pembibitan, hingga budi daya.

Selama acara, TI Faperta yang menempati booth premium, tidak pernah sepi dari kehadiran pengunjung. Mereka begitu antusias melihat booth TI Faperta.

Tak hanya memanjakan mata pengunjung dengan booth premiumnya, TI Faperta IPB University juga unjuk gigi di kontes tanaman hias. Lebih dari 160 peserta dari berbagai negara bersaing dalam enam kategori. TI Faperta IPB University berhasil meraih Juara 3 di kategori Anthurium Mix Variegata.

Prestasi ini semakin gemilang dengan masuknya tiga tanaman TI Faperta IPB University lainnya dalam 10 besar di kategori lain. Prof Awang Maharijaya sebagai penanggung jawab TI Faperta IPB University menerima langsung penghargaan tersebut.

“Keikutsertaan kami dalam kegiatan ini telah sukses menjadi sarana pengenalan TI Faperta dan IPB University, sekaligus memperkuat posisi IPB University dalam upaya mengembangkan dan mendorong industri tanaman hias di Indonesia,” ungkapnya.

Ia berharap prestasi ini juga mampu memotivasi TI Faperta IPB University untuk terus dapat mengembangkan diri. “Dengan runtutan prestasi TI Faperta dalam beberapa kontes belakangan ini juga menunjukkan jika IPB University juga siap menjadi trendsetter pengembangan tanaman hias ke depan,” tutupnya.