Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University Belajar Apa? Ini Kata Mahasiswanya

Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University Belajar Apa? Ini Kata Mahasiswanya

Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University Belajar Apa? Ini Kata Mahasiswanya
Berita

Manajemen Sumberdaya Lahan (MSL) merupakan salah satu program studi (prodi) sarjana di Fakultas Pertanian IPB University. Untuk kamu yang masih bimbang melanjutkan studi, MSL IPB University bisa menjadi pilihan menarik, terutama jika kamu punya ketertarikan akan potensi lahan, konservasi tanah dan air serta perencanaan dan pengembangan wilayah.

Saat ini, prodi ini telah memperoleh akreditasi ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University juga meraih akreditasi internasional dari AUN QA tahun 2017-2022 dan saat ini sedang berproses akreditasi ASIIN.

Salah satu mahasiswa, Ginna Soniya Permata Hati ikut berbagi pengalamannya selama kuliah di Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University.

“Pengalaman yang saya dapat selama kuliah di Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan adalah menjadi mahasiswa yang berani dan haus akan pengetahuan,” kata mahasiswa IPB University semester 8 ini.

Di Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University, mahasiswa tidak hanya belajar dalam kelas. Mereka juga melakukan aktivitas kegiatan field trip atau aktivitas lapang untuk pengambilan sampel tanah, penelitian cuaca, penelitian lahan dan juga pembuatan peta tanah.

Tak hanya itu, mahasiswa Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University juga didorong untuk menjadi pribadi yang berdaya saing, berpikir kritis dan inovatif.

“Ilmu teori yang saya peroleh di kelas didapatkan dari dosen yang profesional dan capable di bidangnya sehingga kita sebagai mahasiswa selalu excited belajar,” kata Ginna.

Selama kuliah, Ginna pernah mendapat kesempatan untuk belajar di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. “Ternyata Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan itu sangat dibutuhkan ilmunya. Saya di sana (Kementan), banyak menerapkan ilmu kuliah sekaligus mendapatkan ilmu baru,” ungkapnya.

Mahasiswa Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University dapat mengembangkan keilmuan pada enam divisi. Yakni pengembangan sumber daya fisik lahan, kimia dan kesuburan tanah, konservasi tanah dan air, penginderaan jarak jauh dan informasi spasial, bioteknologi tanah, serta perencanaan dan pengembangan wilayah.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, prodi ini juga mempunyai berbagai fasilitas di antaranya ruang laboratorium, ruang kuliah, rumah kaca, kebun percobaan, unit layanan mahasiswa dan rumah produksi.

Lulusan Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University memiliki kompetensi dalam menganalisis ciri-ciri dan potensi sumber daya lahan dengan memeriksa struktur tanah secara spasial dan lingkungan menggunakan Internet of Things (IoT). Mereka juga dapat mengevaluasi sejauh mana tanah dapat mendukung kehidupan dan pembangunan berkelanjutan tanpa merusak lahan, sesuai dengan rencana tata ruang.

Prospek Karier
Pilihan karier lulusan Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University beragam. Mulai dari berkarier di perusahaan perkebunan, perusahaan tambang, perusahaan pertanian, peneliti di lembaga-lembaga penelitian bidang pertanian dan ekonomi sumber daya lahan.

Alumninya juga banyak menjadi akademisi, sebagai aparatur pemerintah daerah dan pusat, perencana pengembangan wilayah, surveyor tanah dan data sumber daya lain. Lulusan Prodi Manajemen Sumberdaya Lahan IPB University bisa menjadi konsultan dan analisis pertanian/perkebunan, wirausaha pertanian dan perkebunan atau menjadi penyuluh pertanian. (MHT/Rz)