Suka Traveling dan Peduli Lingkungan-Hutan? Kuliah di Prodi Manajemen Hutan IPB University Bisa Jadi Pilihan

Suka Traveling dan Peduli Lingkungan-Hutan? Kuliah di Prodi Manajemen Hutan IPB University Bisa Jadi Pilihan

Suka Traveling dan Peduli Lingkungan-Hutan? Kuliah di Prodi Manajemen Hutan IPB University Bisa Jadi Pilihan
Berita

Program Studi (Prodi) Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University merupakan pilihan tepat untuk kamu yang menyukai lingkungan dan ingin berperan mengatasi persoalan kehutanan di Indonesia.

Prodi ini tergolong langka di Indonesia. Apalagi kebutuhan akan ahli kehutanan dan lingkungan semakin dibutuhkan. Karena itu, peluang kerja lulusannya cukup beragam dan terbuka lebar. Hal ini menjadikan Prodi Manajemen Hutan IPB University semakin menarik karena lulusannya berdaya saing tinggi.

Lulusan Terbaik Fahutan IPB University asal SMA Negeri 1 Sukoharjo Jawa Tengah, Almayda Dafa Aditya, menceritakan alasannya memilih Prodi Manajemen Hutan. Alasannya adalah ingin traveling atau berkeliling Indonesia dan menikmati keindahan sekaligus memperbaiki hutan di Indonesia.

Maka dari itu, ia berupaya menjadi profesional di bidang sistem informasi geografis (SIG) dan hal itu dapat diwujudkan dengan berkuliah di Prodi Manajemen Hutan IPB University. Lebih lagi, mahasiswa difasilitasi dengan laboratorium SIG yang memiliki teknologi terkini.

“Hal yang istimewa yang paling saya rasakan adalah adanya divisi perencanaan, terutama bidang SIG yang sangat berguna di dunia pekerjaan yang saya tekuni saat ini,” terangnya.

Ia bercerita, dirinya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dari laboratorium SIG. Mahasiswa diajak turun lapang dan mempraktikkan ilmunya secara langsung di Laboratorium Hutan Pendidikan Gunung Walat IPB.

“Perkuliahan yang kami jalani di Prodi Manajemen Hutan IPB University juga menyenangkan karena didukung oleh dosen yang kompeten namun tetap seru,” ucapnya.

Lebih jelasnya, mahasiswa diberikan pengetahuan dan kompetensi terkait inventarisasi sumber daya hutan, ekologi hutan, perlindungan hutan, klimatologi, perumusan kebijakan dalam pengelolaan hutan lestari berbasis ekosistem, hingga pemetaan hutan berbasis penginderaan jauh dan SIG.

Standar dan kualitas Manajemen Hutan IPB University tidak perlu diragukan lagi. Prodi ini sudah terakreditasi ‘A’ oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan mendapat akreditasi internasional dari Badan Akreditasi Program Studi Teknik, Informatika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika (ASIIN).

Keunggulan Prodi Manajemen Hutan IPB University juga dapat dibuktikan dengan banyaknya alumni yang sukses berkarier di berbagai instansi dan perusahaan nasional maupun internasional.

Contohnya M Deni Ermansyah, yang kini menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia, Umum dan IT Perhutani. Mahtuf Ikhsan, alumnus lainnya, kini berkarier sebagai Business Analyst and Project Manager di Green Transformation Nissan Motor Corporation Jepang.

Prospek kerja
Prospek kerja lulusan Prodi Manajemen Hutan IPB University dapat terjun ke bidang pengusahaan hutan alam dan hutan tanaman industri (BUMN, BUMD) dan perkebunan. Bisa juga menjadi birokrat pemerintahan seperti di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau Perhutani.

Alumni Prodi Manajemen Hutan IPB University juga bisa berkarier di organisasi nirlaba (NGO) nasional dan internasional, bisa sebagai konsultan, terjun di industri alat berat atau sebagai entrepreneur di bidang kehutanan. Peluang lainnya, lulusan juga bisa menjadi dosen/peneliti. (MW/Rz)