Siswa SMAIT Al Kahfi Bogor Bisa Belajar Langsung dari Pakar Kelautan IPB University Melalui Program Magang

Siswa SMAIT Al Kahfi Bogor Bisa Belajar Langsung dari Pakar Kelautan IPB University Melalui Program Magang

Siswa SMAIT Al Kahfi Bogor Bisa Belajar Langsung dari Pakar Kelautan IPB University Melalui Program Magang
Berita

Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menyambut baik kedatangan siswa SMAIT Al Kahfi Bogor untuk mengikuti program magang siswa. Empat siswa berkesempatan untuk mengikuti kegiatan magang di Laboratorium Mikrobiologi Kelautan, Departemen ITK pada 2-12/1.

Program magang ini bertujuan untuk membekali para siswa dengan pemahaman mendalam tentang dunia kelautan dan pengalaman berinteraksi langsung dengan dunia profesi, sehingga mereka dapat lebih mengenal diri dan potensinya.

Para siswa tidak hanya mendapatkan pengenalan dasar mikrobiologi laut, tetapi juga belajar mengenai penggunaan alat laboratorium, mengidentifikasi sampel invertebrata laut di laboratorium, memahami konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta terlibat dalam praktek penelitian DNA Barcoding.

“Banyak keseruan dalam kegiatan magang ini, benar-benar bermanfaat, kami bisa langsung menerapkan teori yang telah dipelajari di sekolah,” ujar Achmad Mirazha Imtiyaz, salah satu peserta magang.

Dr Meutia, dosen sekaligus Kepala Laboratorium Mikrobiologi Kelautan Departemen ITK memberikan penjelasan lebih lanjut tentang laboratorium dan memperkenalkan peralatan serta fasilitas yang tersedia kepada siswa-siswa magang.

“Kami merasa senang dapat terlibat dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswa SMAIT Al Kahfi, khususnya di dunia kelautan. Semoga kegiatan magang ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi siswa-siswa SMAIT Al Kahfi,” ucap Dr Meutia.

Di saat yang sama, Kartika, salah satu guru SMAIT Al Kahfi juga menyatakan ketertarikan untuk bekerja sama mengembangkan program Sekolah Riset untuk para siswa, sebagai tindak lanjut kegiatan magang di Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mengakomodasi program Merdeka Belajar secara lebih intensif, dan sekaligus wadah promosi penyebaran ilmu pengetahuan, maupun cikal bakal penguatan Citizen Science, dalam pengembangan ilmu dan teknologi kelautan terutama di Indonesia,” ungkapnya.

Kegiatan dilaksanakan selama 10 hari dan para siswa magang dibimbing oleh dosen-dosen ahli dari Departemen ITK diantaranya Dr Meutia Samira Ismet, Endang S. Srimariana, M.Si. dan Nadya Cakasana, M.Si. Selain itu, para teknisi laboratorium mikrobiologi kelautan juga turut membantu dalam memandu para siswa magang. (*/Lp)