Target Capai Akreditasi Unggul, Departemen Ilmu Ekonomi IPB University Mendapat Visitasi Lamemba

Target Capai Akreditasi Unggul, Departemen Ilmu Ekonomi IPB University Mendapat Visitasi Lamemba

Target Capai Akreditasi Unggul, Departemen Ilmu Ekonomi IPB University Mendapat Visitasi Lamemba
Berita

Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University mendapat visistasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (Lamemba). Visitasi tersebut dalam rangka asesmen lapangan guna mencapai target akreditasi unggul bagi Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Ekonomi Pembangunan.

Visitasi dilakukan di Ruang Sidang Dekanat FEM IPB University, Kampus Dramaga (11-12/1). Para asesor yang hadir adalah Prof Indra Maipita dari Universitas Negeri Medan dan Prof Rossanto Dwi Handoyo dari Universitas Airlangga.

Dekan FEM IPB University, Dr Irfan Syauqi Beik menyampaikan bahwa proses akreditasi ini sebagai upaya untuk menjaga kualitas pendidikan. Terlebih, akreditasi Prodi Ekonomi Pembangunan sudah akan berakhir sehingga perlu diperpanjang.

“Ini adalah kewajiban kami dalam menjaga kualitas pendidikan yang antara lain diwujudkan melalui proses akreditasi. Dalam proses akreditasi ini kita berharap, ada peningkatan kualitas yang signifikan dari waktu ke waktu, kualitas, pelayanan, juga pengembangan keilmuan,” paparnya.

Oleh karena itu, kata Dr Irfan, melalui akreditasi ini ia berharap dapat menerima masukan konstruktif dari para asesor sehingga dapat memperkuat kelembagaan dan Prodi Ekonomi Pembangunan IPB University. “Semoga juga bisa terus mendorong mengembangkan peran ilmu ekonomi ke depan dalam konteks pembangunan masyarakat bangsa dan negara,” tambahnya.

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi IPB University, Dr Tony Irawan mengungkapkan, proses akreditasi ke Lamemba ini baru pertama kalinya dilakukan oleh Departemen Ilmu Ekonomi. Sebelumnya, akreditasi Departemen Ilmu Ekonomi dilaksanakan melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Kami telah melakukan perbaikan mengikuti apa yang telah disarankan oleh Kantor Manajemen Mutu (KMM) IPB University,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Akreditasi dan Sertifikasi, Kantor Manajemen Mutu IPB University, Dr Mochammad Riyanto menyampaikan, kegiatan asesmen lapang merupakan prasyarat untuk keberlanjutan prodi. Menurut dia, selama ini Prodi Ekonomi Pembangunan sudah baik sekali.

“Kita mengarahkan semua prodi di IPB University bisa terakreditasi unggul dan kaitan dengan visitasi ini, kami optimis Prodi Ekonomi Pembangunan dapat terakreditasi unggul,” harapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, IPB University terus berupaya melakukan review internal kepada prodi yang akan melaksanakan proses akreditasi. IPB University terus mendorong percepatan akreditasi agar sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terkait penjaminan mutu pendidikan tinggi. (dh/Rz)