Pakar Teknologi Akustik Bawah Air dan Instrumentasi Kelautan IPB University mendapat Tanda Kehormatan Satya Lencana Dwidya Sistha

Pakar Teknologi Akustik Bawah Air dan Instrumentasi Kelautan IPB University mendapat Tanda Kehormatan Satya Lencana Dwidya Sistha

Pakar Teknologi Akustik Bawah Air dan Instrumentasi Kelautan IPB University mendapat Tanda Kehormatan Satya Lencana Dwidya Sistha
Berita

Prof Henry Manik, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University mendapat tanda kehormatan Satya Lencana Dwidya Sistha dari Komandan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal).

Penyematan tanda kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Komandan Pusat Hidrografi Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) yang dihadiri oleh Wakil Komandan Pusat Hidrografi Oseanografi TNI Angkatan Laut (Wadanpushidrosal) dan pejabat lainnya di Anjungan Pushidrosal, Jakarta Utara, pada Jumat 5/1.

Satya lencana merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Warga Negara Indonesia bukan prajurit Tentara Nasional Indonesia yang berjasa di dalam bidang pendidikan, pertumbuhan dan pembinaan TNI karena jabatannya selaku guru/instruktur pada lembaga pendidikan TNI telah menunjukkan kesetiaannya juga prestasi kerja dalam menyelenggarakan pendidikan.

Terkait tanda kehormatan yang diperolehnya, Prof Henry Manik menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia, Danpushidrosal, Komandan Pushidrosal, Komandan Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut, Kepala Staf TNI AL, Panglima TNI, dan Sekretariat Negara untuk penghargaan yang telah diberikan.

“Penghargaan ini adalah pengakuan atas semua usaha yang telah dilakukan saya bersama TNI AL. Penghargaan ini juga menjadi motivasi saya untuk terus berusaha dan berinovasi,” ujarnya.

Lanjutnya, sebagai akademisi ia merasa bertanggungjawab untuk memperkenalkan keilmuannya terkait teknologi akustik bawah air yang bermanfaat untuk eksplorasi sumberdaya dan lingkungan lautan salah satunya untuk dunia militer dan khususnya dalam mengawasi teroris bawah laut (underwater terrorist).

“Teknologi akustik juga dapat digunakan dalam Pembangunan Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut (Disfaslanal) serta aplikasinya untuk hidrografi khususnya hidrografi militer,” ungkap Prof Henry.

Pemberian tanda kehormatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 110/TK/Tahun 2023 tanggal 30 Oktober 2023 yang diberikan kepada Prof Henry Manik, Dosen IPB University yang bertugas sebagai Instruktur Luar Kodikopsla Kodikal. (*/Lp)