Festival Model Kapal, Pameran Karya Mahasiswa IPB University Hasil Pembelajaran MK Kapal Perikanan

Festival Model Kapal, Pameran Karya Mahasiswa IPB University Hasil Pembelajaran MK Kapal Perikanan

Festival Model Kapal, Pameran Karya Mahasiswa IPB University Hasil Pembelajaran MK Kapal Perikanan
Student Insight

Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University mengadakan Festival Model Kapal (FMK) 2023. Kegiatan ini menjadi muara dari pencapaian pembelajaran mahasiswa IPB University dalam Mata Kuliah (MK) Kapal Perikanan.

FMK 2023 mempresentasikan 13 model kapal yang dibuat oleh 13 kelompok kerja mahasiswa. Model kapal yang dibuat oleh tim mahasiswa, selain dirancang sebagai kapal penangkap ikan, beberapa model kapal dirancang sebagai kapal yang berfungsi sebagai kapal kesehatan, kapal penumpang dan kapal pertahanan.

“Metode pembelajaran yang diterapkan dalam MK Kapal Perikanan juga dirancang agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengoperasikan beberapa software dan persamaan-persamaan matematika dalam naval architect,” ungkap Dr Yopi Novita selaku penanggungjawab mata kuliah.

Selain itu, kata dia, mahasiswa juga dilatih untuk memiliki sikap disiplin, kemampuan literasi yang tinggi serta melakukan komunikasi dan bekerja sama yang efektif.

Prof Eko Sri Wiyono, Ketua Departemen PSP IPB University dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pelaksanaan FMK 2023 diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar serta melatih kemampuan mahasiswa dalam berinovasi.

FMK 2023 dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari Departemen PSP maupun dari luar program studi. Di akhir festival, dilakukan pemilihan juara 1, 2 dan 3 desain model kapal serta juara favorit pilihan masyarakat umum melalui Instagram dan pengunjung festival. Selain itu juga dipilih juara favorit pilihan asisten.

Penentuan juara 1, 2 dan 3 desain model kapal dilakukan oleh tiga orang juri yang terdiri dari Dr Budhi Hascaryo Iskandar, Prof Mohammad Imron dan Tri Nanda Citra Bangun SPi MSi. Penentuan pemenang didasarkan pada penilaian juri terhadap kerapian model kapal, kesesuaian desain model kapal dengan fungsi kapal, kreativitas serta stabilitas yang dimiliki oleh model kapal.

Pemenang juara 1, 2 dan 3 di FMK 2023, secara berturut-turut adalah Tim KM Madidihang, Tim Daksa Yraespati dan Tim Albacore Hunter. Juara favorit pilihan pengunjung adalah Tim HMS Soverign dan pilihan asisten adalah Tim Predator’s.

“Hasil karya mahasiswa di FMK 2023 ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Ini juga sebagai bentuk penghargaan atas upaya mahasiswa selain nilai yang akan diberikan di akhir semester,” kata salah satu pengunjung festival. (*/Rz)