SKHB IPB University Gelar Penguatan Materi Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran Hewan

SKHB IPB University Gelar Penguatan Materi Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran Hewan

SKHB IPB University Gelar Penguatan Materi Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran Hewan
Berita

Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University kembali mengadakan penguatan materi pembelajaran mahasiswa kedokteran hewan. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia (AFKHI) dengan Indonesia Australia Red Meat and Cattle Partnership (IARMCP).

Kegiatan pelatihan tersebut bertema Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit Ternak pada Sektor Peternakan Sapi Indonesia. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) yang dilaksanakan di Aula Transformasi, Kampus IPB Dramaga, pada Kamis 14/12.

“Mahasiswa PPDH sebagai calon dokter hewan perlu dibekali ilmu dalam melakukan pengendalian dan penanggulangan wabah penyakit ternak terutama pada sektor peternakan sapi,” ungkap Dr Amrozi, Dekan SKHB IPB University.

Lanjut Dr Amrozi, kegiatan ini melibatkan peserta sebanyak 45 mahasiswa program studi PPDH. “Kegiatan ini merupakan bonus yang besar dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para mahasiswa,” ujarnya.

Terdapat pemaparan materi salah satunya mengenai praktik penyusunan kurva epidemik, timeline, pemetaan dengan konsep simulasi dan studi kasus yang difasilitasi langsung oleh Dr Chaerul Basri, selaku ketua pelaksana sekaligus fasilitator kegiatan.

“Mahasiswa PPDH yang sebentar lagi akan lulus sebagai dokter hewan tentu membutuhkan pelatihan sejenis ini agar selalu siap ketika dihadapkan suatu outbreak ketika terjun langsung ke lapangan nantinya,” tutur Chaerul.

Agenda pelatihan dan penyampaian materi lainnya seperti Pengantar Investigasi Wabah beserta Tahapannya disampaikan langsung oleh Dr Etih Sudarnika. Selain pemaparan materi, kegiatan pelatihan juga diisi dengan diskusi, praktik, pembuatan tugas dan presentasi secara berkelompok. Praktik yang dilakukan meliputi praktik Epidemiologi Partisipatif (PE) yang difasilitasi oleh Dr Herwin Pisestyani dan drh Muhammad Israfii Vernanda. (*/Lp)