Program OVOC IPB University Gelar Expo Inovasi Hasil Produk Pendampingan Masyarakat di Kalimantan

Program OVOC IPB University Gelar Expo Inovasi Hasil Produk Pendampingan Masyarakat di Kalimantan

Program OVOC IPB University Gelar Expo Inovasi Hasil Produk Pendampingan Masyarakat di Kalimantan
Berita

Kegiatan field project program One Village One CEO (OVOC) IPB University 2023 telah dilaksanakan di 13 desa yang berada di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Mahasiswa dan dosen IPB University menyalurkan berbagai inovasi teknologi tepat guna serta melakukan pendampingan untuk peningkatan kualitas komoditas di masing-masing desa.

Program OVOC tahun ini merupakan program kolaborasi dari PT Adaro Indonesia dan IPB University melalui matching fund kedaireka. Untuk memperkenalkan produk-produk inovasi tersebut, OVOC menggelar expo inovasi pada 13/12 di Taman Inovas, Kampus IPB Dramaga.

Dr Handian Purwawangsa, selaku Direktur Pengembangan Masyarakat Agromaritim (DPMA) menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa dan dosen yang telah banyak berkontribusi mendampingi masyarakat dalam meningkatkan kapasitas masyarakat dalam membentuk ekosistem bisnis desa.

“Kegiatan expo ini sebagai apresiasi serta pengenalan inovasi IPB University, dalam hal ini mahasiswa dan dosen memberikan kontribusi penuh sebagai akademisi dalam melaksanakan pendampingan dan transfer teknologi ke masyarakat. Melalui program OVOC ini, berbagai potensi desa dapat dikembangkan demi membentuk ekosistem bisnis desa yang berkualitas dan mandiri,” ucap Dr Handian.

Kegiatan tersebut juga ditinjau oleh Supervisor Kewirausahaan Sosial DPMA IPB University, Muhammad Isbayu, S.P. Beliau menyampaikan harapannya terhadap pengembangan produk inovasi kedepan.

“Saya rasa produk inovasi ini sangat bermanfaat dan juga dapat diaplikasikan secara terus menerus. Harapannya segala keilmuan yang telah diterapkan dapat membantu masyarakat lebih banyak untuk peningkatan kualitas hidup yang pada akhirnya akan berpengaruh pada ekosistem desa,” ungkap nya.

Lanjut Isbayu, Program OVOC menjadi salah satu upaya IPB University untuk menyalurkan berbagai inovasi dan teknologi tepat guna dari para dosen dan tenaga ahli serta akademisinya untuk pengembangan masyarakat.

Sebanyak empat stand didirikan yang menampilkan produk inovasi dari kluster kriya, peternakan, perikanan, dan pertanian. Beberapa produk inovasi yang dihasilkan diantaranya adalah kain sasirangan, aneka kerajinan bambu, produk madu kelulut, permen pakan ternak, produk olahan ternak, produk olahan ikan, inovasi kemasan produk, dan berbagai panduan SOP budidaya. (*/Lp)