Dosen IPB University Kenalkan Teknologi Inovasi dan Manajemen Keuangan Keluarga untuk Nelayan

Dosen IPB University Kenalkan Teknologi Inovasi dan Manajemen Keuangan Keluarga untuk Nelayan

Dosen IPB University Kenalkan Teknologi Inovasi dan Manajemen Keuangan Keluarga untuk Nelayan
Berita

Dosen IPB University melalui program Dosen Mengabdi Inovasi 2023, sukses melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Perikanan Tangkap di Kabupaten Tegal”. Dalam FGD tersebut terdapat dua topik utama, yaitu manajemen keuangan keluarga nelayan dan alat bantu penangkapan ikan lampu dan rumpon.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Pantai Larangan, Desa Munjung Agung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Tim Dosen Mengabdi Inovasi 2023 di Kabupaten Tegal, diketuai oleh Dr Roza Yusfiandayani, Dosen Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP). Kegiatan ini juga bersinergi dengan Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tegal.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (TU) Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Larangan, yaitu Bapak Wartono, S.H, menyambut baik kedatangan tim IPB University karena membantu memberdayakan nelayan di PPP Larangan.

“FGD ini dirasa sangat penting dan bermanfaat bagi nelayan Larangan, mengetahui bahwa alat bantu menjadi poin penting dalam penangkapan ikan dan manajemen keuangan keluarga yang sangat dibutuhkan oleh keluarga nelayan” ujar beliau.

Ia menjelaskan, peserta yang menghadiri kegiatan FGD berjumlah 60 orang, dengan 41 nelayan dan 19 istri nelayan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dengan fokus menyimak dan responsif selama FGD berlangsung.

FGD juga dihadiri oleh Bapeddalitbang Kabupaten Tegal, Dr Atdi, beliau berterima kasih karena IPB University telah mendukung salah satu tujuan Bapeddalitbang yaitu mensejahterakan nelayan Kabupaten Tegal.

“Saya berharap kedepannya, dapat terjalin kerjasama antara Bapeddalitbang, ISPIKANI, pihak pelabuhan dan IPB University dalam mengembangkan teknologi inovasi alat bantu penangkapan ikan dan manajemen pengelolaan keuangan untuk kesejahteraan nelayan Kabupaten Tegal,” ungkap Dr Atdi.

Dr Roza Yusfiandayani, ditemani anggota lainnya yaitu, Prof Mohammad Imron, Prof Eko Sri Wiyono, dan Prof Domu Simbolon serta didampingi oleh asisten dan mahasiswa, yaitu Muhamad Reza Raihan, Adrul Rahmad, Tiara dan Kasab Toharo yang berasal dari Departemen PSP IPB University. (*/Lp)