Dosen Sekolah Vokasi IPB University Beri Pelatihan Digital Marketing Bagi Pengelola Kampung Wisata

Dosen Sekolah Vokasi IPB University Beri Pelatihan Digital Marketing Bagi Pengelola Kampung Wisata

Dosen Sekolah Vokasi IPB University Beri Pelatihan Digital Marketing Bagi Pengelola Kampung Wisata
Berita

Strategi pemasaran digital dapat menjadi kunci sukses bagi pengelolaan kampung wisata, seperti halnya di Kota Bogor yang saat ini sedang mengembangkan sektor pariwisata. Tentu saja hal ini perlu diwujudkan melalui kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak.

Seperti yang dilakukan tim dosen Sekolah Vokasi IPB University dengan mengadakan program Dosen Mengabdi Inovasi: Peningkatan Kapasitas Digital Marketing bagi Pengelola Kampung Wisata di Kota Bogor, beberapa waktu lalu. Tema ini relevan dengan upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu SDGs ke-4 dan SDGs ke-11.

Puluhan peserta berasal dari Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kota Bogor. Mereka merupakan para pengelola kampung wisata di Kota Bogor antara lain Kampung Wisata Pulo Geulis, Kampung Wisata Labirin, Kampung Wisata Batik, Kampung Wisata Saung Eling, Kampung Mulyaharja, Kampung Wisata Perca, Kampung Situ Gede, Kampung Duren, Kampung Tematik Mural Tajur dan lainnya.

“Strategi pemasaran digital juga memungkinkan pengelola kampung wisata untuk berinteraksi dengan wisatawan potensial secara langsung melalui berbagai saluran komunikasi online,” jelas Willy Bachtiar, SIKom, MIKom, salah satu tim Dosen Mengabdi Inovasi saat memaparkan materi strategi pemasaran digital di Bianco Costel, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Dosen Sekolah Vokasi IPB University dari Program Studi Komunikasi Digital dan Media itu menambahkan, berbagai saluran komunikasi online tersebut antara lain konten yang menarik, iklan digital yang terarah atau bahkan melalui penggunaan fitur-fitur spesifik yang ditawarkan oleh platform media sosial untuk menjangkau audiens yang tepat.

Materi selanjutnya disampaikan oleh tim Bicara Project di antaranya Rana Rayendra yang menyampaikan materi pengenalan digital marketing dan pemasaran konten, serta Joddy Caprinata yang menyampaikan materi tentang e-commerce dan customer relationship management. Turut hadir Ana Ismawati, SIP, MSi selaku Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor.

Tim dosen mengabdi ini terdiri dari empat orang dosen Sekolah Vokasi IPB University di antaranya Willy Bachtiar, SIKom, MIKom, Vivien Febri Astuti, SIKom, MIKom, Natasha Indah Rahmani ST, MT, dan Rici Tri Harpin Pranata, SKPM, MSi. Tim dosen mengabdi meyakini pentingnya peningkatan kapasitas digital marketing bagi pengelola kampung wisata untuk menjawab kebutuhan industri pariwisata dan tantangan di era disrupsi saat ini.

“Dengan meningkatnya kompetisi dalam industri pariwisata, memiliki kehadiran yang kuat dan terkelola dengan baik di ranah digital dapat menjadi faktor penentu dalam menarik perhatian wisatawan dan memastikan kampung wisata tetap bersaing dalam pasar wisata yang terus berkembang,” jelas Vivien.

“Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dan tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat yang berada di sekitar kampus IPB University, tetapi juga bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas,” ujar Natasha. (*/Rz)