Lahirkan Calon Pengusaha Muda, IPB University Sukses Gelar Wirausaha Merdeka 2023

Lahirkan Calon Pengusaha Muda, IPB University Sukses Gelar Wirausaha Merdeka 2023

Lahirkan Calon Pengusaha Muda, IPB University Sukses Gelar Wirausaha Merdeka 2023
Berita

IPB University sukses menjadi pelaksana Wirausaha Merdeka (WMK) 2023 untuk kedua kalinya. Tahun ini, program kewirausahaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) diikuti oleh 367 mahasiswa dari 32 perguruan tinggi di 16 provinsi di Indonesia.

Direktur Kemahasiswaan IPB University, Dr Ujang Suwarna, menjelaskan WMK merupakan program yang bertujuan mendorong mahasiswa Indonesia memiliki mindset wirausaha untuk dapat mengembangkan produk yang dibuatnya.

“Tahun ini WMK mencoba mengembangkan program-program melalui tiga tahapan, yaitu pre immersion, immersion, dan post immersion,” kata Dr Ujang pada acara penutupan WMK 2023 yang digelar di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Darmaga, 2/12.

Dr Ujang menerangkan, pada tahap pre immersion peserta WMK mendapatkan pembekalan selama lima pekan terkait membangun mindset dan ide untuk mengembangkan bisnis.

“Kemudian di tahap kedua atau immersion, selama 10 minggu peserta akan mengikuti program mentorship on board dengan melibatkan 45 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mudah-mudahan tahap ini membuat kalian memiliki pengalaman, karena langsung dimentori oleh para praktisi UMKM,” jelasnya.

Lanjut Dr Ujang, tahap post immersion merupakan tahapan yang berfokus pada proses market validation dan feasibility study, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan untuk memulai bisnis. Tahap ini dikemas dalam Student Entrepreneur Expo yang digabung dengan program kewirausahaan internal di IPB University.

Program WMK 2023 secara resmi ditutup oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria. Dalam sambutannya, Prof Arif menyinggung masa depan Indonesia yang ditentukan dengan seberapa banyak dan berkualitas para pengusahanya. Ia mengatakan, ukuran pengusaha ini menjadi penting karena berperan sebagai penggerak ekonomi.

“Dalam pergerakan ekonomi yang diperlukan adalah karakter kewirausahaan. Saya yakin semua mahasiswa di sini memiliki entrepreneurship yang kuat, sehingga sukses menciptakan banyak peluang dan lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Prof Arif berpesan, jika orang dapat menciptakan kesempatan maka orang tersebut menjadi pemenang. “Semoga kita menjadi pemenang karena program ini penting untuk meningkatkan kualitas kita menjadi seorang pengusaha hebat,” harap Prof Arif.

Tim Pelaksana WMK Kemendikbudristek, Bryan Erfanda Putra, mengapresiasi IPB University yang telah menyelenggarakan program WMK 2023 dengan sukses. Ia menyebut IPB University konsisten dalam memberikan pelajaran yang baik kepada mahasiswa peserta WMK.

“Pasti ada banyak pelajaran yang dapat diambil dalam program WMK ini. Saya harap perjuangan kita tidak sampai di sini, kita harus terus kawal proses kesuksesan mahasiswa di bidang wirausaha,”ucapnya. (MHT/Lp)