Departemen KSHE IPB University Gelar Sharing Session Pelaksanaan Transformasi Pembelajaran Kolaboratif

Departemen KSHE IPB University Gelar Sharing Session Pelaksanaan Transformasi Pembelajaran Kolaboratif

Departemen KSHE IPB University Gelar Sharing Session Pelaksanaan Transformasi Pembelajaran Kolaboratif
Berita

Kurikulum K2020 IPB University mengakomodasi pembelajaran bagi mahasiswa untuk dapat mengambil minimal 20 satuan kredit semester (SKS) di luar kampus. Di Program Studi (Prodi) Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE), Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan), implementasi K2020 tersebut berupa program Collaborative Learning Transformation on Wildlife Management and Ecosystem Services.

Mahasiswa dapat melaksanakan Praktik Lapang Konservasi Alam (PLKA) dan Magang Berkelompok di berbagai instansi mitra melalui skema pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2023.

PLKA menjadi bentuk kesatuan antara Praktik Pengelolaan Hidupan Liar (KSH 1404) dan Praktik Pengelolaan Kawasan Konservasi, Jasa Lingkungan dan Ekowisata (KSH 1405). Adapun Magang Berkelompok (IPB303) merupakan pengayaan dan perluasan kompetensi mahasiswa untuk mendapat experience learning di dunia usaha-dunia industri (DUDI).

Sebagai langkah diseminasi hasil kegiatan PLKA, Departemen KSHE IPB University mengadakan acara Sharing Session: Pembelajaran Kolaboratif Pengelolaan Satwa Liar dan Jasa Lingkungan Hutan’. Kegiatan ini diselenggarakan di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga (25/11).

Ketua Departemen KSHE IPB University, Dr Nyoto Santoso menyampaikan, program PKKM ini melibatkan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan 18 instansi mitra magang.

“Rangkaian acara ini menjadi capaian dari kinerja dan proses yang dikemas dalam Kampus Merdeka. Dari awal sampai akhir, saya pikir ini kerja yang komprehensif dan bagus. Untuk mahasiswa, semoga bisa jadi wadah peningkatan kompetensi yang bermanfaat bagi masa depan,” ujarnya.

“Kami turut mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat pada kegiatan ini dalam upaya peningkatan kompetensi mahasiswa dan implementasi ilmu perkuliahan di masa mendatang,” imbuhnya.

Dekan Fahutan IPB University, Prof Naresworo Nugroho mendukung penuh implementasi kurikulum merdeka di Prodi KSHE. Ia berharap hal tersebut dapat terus ditingkatkan.

Salah satu dosen Departemen KSHE IPB University, Dr Rachmad Hermawan memoderatori sesi share learning yang terdiri dari presentasi oleh perwakilan mahasiswa PLKA dari tiga taman nasional.

“Topik dan hasil data yang berkaitan erat dengan pembelajaran KSHE seperti potensi satwa liar, tumbuhan, simpanan karbon, potensi wisata, jasa lingkungan dan jasa lingkungan air menjadi sorotan utama dalam presentasi hasil PLKA,” paparnya.

Adapun mitra magang yang terlibat antara lain PT Santamonica Indonesia, PT Fontis Aquam Vivam, Yayasan Puter Indonesia, Bumi Paseban Alami, Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia, PT CNN Bogor Treetop Zipline Adventure, KLHK Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi, Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik, Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi, Direktorat Pengelolaan Kawasan Konservasi, Direktorat Bina Pengelolaan Pemulihan Esensial, PT Palawi Risorsis, BBKSDA Jawa Barat TWA Pangandaran, Little Fireface Project, PT Equality Indonesia, PT Alam Bukit Tigapuluh, Aksioma Amerta Bumi, PT Star Energy Geothermal Salak dan WCS-IP Lampung. (*/Rz)