Mahasiswa SV IPB University Ajak Siswa SMP Jaga Personal Hygiene

Mahasiswa SV IPB University Ajak Siswa SMP Jaga Personal Hygiene

Mahasiswa SV IPB University Ajak Siswa SMP Jaga Personal Hygiene
Student Insight

Mahasiswa Teknik Manajemen dan Lingkungan Sekolah Vokasi IPB University melaksanakan program pengabdian masyarakat di SMP Tamansiswa (Taman Dewasa), Ciwaringin, Kota Bogor, pada 22/11.

Pengabadian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran personal hygiene dengan menggunakan hand sanitizer alami dari daun sirih (Piper betle) dan jeruk nipis (Citrus aurantifolia).

Kegiatan ini dimulai dengan penyampaian materi singkat mengenai personal hygiene dan sesi diskusi. Interaksi mahasiswa dan siswa juga saling bersinergi sehingga menciptakan suasana yang mendukung dalam proses kegiatan belajar.

“Salam pembuatannya handsanitizer dibuat dengan campuran ekstrak daun sirih dan jeruk nipis. Penggunaan Daun Sirih dan Jeruk untuk bahan alami pembuatan hand sanitizer terbukti efektif untuk menghambat penyebaran patogen dan membunuh patogen,” ujar Indri Silvatul Hasanah, Mahasiswa Teknik Manajemen dan Lingkungan tersebut.

Lanjutnya, para siswa terlihat antusias dan tertarik untuk membuat hand sanitizer sendiri dan dapat dibawa untuk digunakan para siswa.

“Hasil dari kegiatan ini terlihat dalam perubahan perilaku siswa dan antusiasme yang diberikan, yang kini lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pribadi mereka,” ucap Indri.
Implementasi dalam jangka panjang pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat membentuk kebiasaan positif di kalangan siswa, tidak hanya di sekolah tetapi juga di lingkungan sekitar mereka.

“Upaya ini bukan hanya bersifat pencegahan penyakit, tetapi juga berkontribusi pada pembentukan karakter dan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Selain itu, melalui kegiatan ini, SMP Tamansiswa Bogor juga diharapkan menjadi contoh bagi sekolah lain dalam upaya meningkatkan kesadaran personal hygiene di kalangan pelajar,” tuturnya. (Lp)