Malam Puncak Reuni Akbar, IPB University Launching Buku Putih HA IPB

Malam Puncak Reuni Akbar, IPB University Launching Buku Putih HA IPB

Malam Puncak Reuni Akbar, IPB University Launching Buku Putih HA IPB
Berita

Dalam Malam Puncak Reuni Akbar ke-60, IPB University me-launching Buku Putih Himpunan Alumni (HA) IPB di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor (26/11). Buku ini berisi tentang isu strategis, solusi kebijakan serta penyampaian strategi sembilan pilar.

Sembilan pilar strategis tersebut meliputi pendidikan, pertanian, perindustrian, kelautan dan perikanan, lingkungan hidup dan kehutanan, perdagangan, pembangunan desa, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan korporasi serta perencanaan pembangunan nasional.

Ketua panitia Reuni Akbar ke-60, Luhur Budiarso menyoroti kekuatan kontribusi IPB University dan para alumninya bagi kemajuan Indonesia dan dunia. Menurutnya, jaringan alumni IPB University yang luar biasa terwujud dalam pertemuan di Reuni Akbar ini menandai kontribusi yang disaksikan.

“Di IPB University, kita diajarkan untuk memiliki mental positif dan ketangguhan dimanapun kita berada yang menjadi landasan untuk berkarya. Himpunan Alumni dengan tekad bersama IPB University dan visi Buku Putih akan menjadi warisan sebagai jejak keberlanjutan, mengukuhkan komitmen kolektif untuk mewariskan nilai-nilai positif dan perubahan yang berarti bagi generasi mendatang,” ucapnya.

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA IPB University, Dr Walneg S Jas mengungkapkan bahwa alumni IPB University harus semakin solid dan bersatu demi pengabdian. Menurutnya, IPB University memiliki kompetensi dalam berbagai bidang, terutama dalam pertanian.

“Dalam Buku Putih gagasan alumni IPB University menuju Indonesia Emas 2045 mencerminkan artikulasi pemikiran kolektif melalui telaah panjang oleh tokoh alumni, baik di dalam maupun di luar kampus,” tuturnya.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria dalam momen tersebut mengatakan, IPB University harus menjadi kekuatan yang berdampak positif bagi kemajuan bangsa, kemanusiaan dan kelestarian sumber daya.

Menurutnya, integritas, inovasi dan inspirasi menjadi landasan yang tidak tergantikan bagi setiap alumni IPB University. Integritas, sebagai pilar utama, membentuk kepercayaan yang kuat. Dorongan untuk berkolaborasi secara aktif, mendorong lahirnya inovasi, yang pada gilirannya akan menginspirasi.

“Semakin banyak inspirasi yang tercipta, semakin melimpah pula inovasi yang dapat diberikan untuk memajukan negeri ini. Dengan filosofi ini, moto IPB University menjadi ‘Inspiring Innovation with Integrity’, mencerminkan komitmen mendalam untuk membawa inspirasi positif melalui inovasi yang kokoh dan terpercaya,” ucapnya.

Prof Arif melanjutkan, Buku Putih HA IPB University dapat menjadi jendela harapan yang terbuka lebar dan menciptakan visi yang mengilhami perjalanan menuju masa depan yang lebih baik.

“Harapannya adanya Buku Putih ini nantinya membawa medium untuk memajukan inovasi dan mewujudkan pemikiran kolektif alumni IPB University dalam membangun Indonesia yang lebih berdaya dan berkelanjutan,” pungkasnya. (dr/Rz)