Dorong Pengalaman Praktis Mahasiswa dalam Studi Kelautan, Departemen ITK IPB Ajak Mahasiswa ke 6 Lokasi Pesisir

Dorong Pengalaman Praktis Mahasiswa dalam Studi Kelautan, Departemen ITK IPB Ajak Mahasiswa ke 6 Lokasi Pesisir

Dorong Pengalaman Praktis Mahasiswa dalam Studi Kelautan, Departemen ITK IPB Ajak Mahasiswa ke 6 Lokasi Pesisir
Berita

Sejumlah mahasiswa IPB University yang tergabung sebagai peserta magang dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2023 bersiap untuk mengikuti survei lapang di enam lokasi yang berbeda. Kegiatan ini diinisiasi oleh Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.

Kegiatan bertajuk ‘KM-Mandiri (Studi Independen) Junior Met-Ocean Data Analyst Batch-2’ ini akan menempatkan peserta di lokasi yang beragam, seperti Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu, Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bungus, Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Brebes, Pulau Lancang dan Pulau Pramuka.

Sebagai bentuk implementasi kegiatan ini, Departemen ITK IPB University menggelar acara pelepasan bagi peserta magang PKKM 2023. Dr Adriani selaku Ketua Program Studi ITK sekaligus Ketua Task Force PKKM ITK, menyatakan bahwa kegiatan lapang ini akan memberikan pengalaman yang tak ternilai bagi para peserta.

“Mereka akan belajar secara langsung tentang pengambilan data, analisis met-ocean dan penerapan keilmuan dalam konteks nyata di berbagai lokasi pesisir,” ujar Dr Adriani.

Peserta magang akan didampingi oleh para pengajar dan praktisi berpengalaman dalam studi kelautan dan meteorologi. Mereka akan menjalani serangkaian kegiatan yang mencakup pengamatan langsung, pengambilan sampel air, pemetaan dan analisis data.

“Kegiatan ini penting untuk memperluas wawasan serta meningkatkan keterampilan praktis peserta dalam menghadapi tantangan nyata dalam bidang kelautan dan meteorologi,” tambah Dr Adriani.

Ketua Departemen ITK IPB University, Dr Syamsul Bahri Agus menjelaskan bahwa kegiatan studi independen ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan kerja mahasiswa agar lebih praktis dan relevan, sesuai dengan kebutuhan dunia profesional.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan mendapat pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Selain itu, kegiatan ini juga menekankan pada penerapan langsung kebutuhan dalam dunia kerja,” jelasnya.

Dalam momentum penting tersebut, Dr Agus Oman Sudrajat, Wakil Dekan FPIK IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, memberikan perpisahan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja di masa mendatang.

Ia menekankan pentingnya keseriusan dalam mempelajari pembelajaran di lapangan karena hal ini akan menjadi bekal berharga di masa depan. “Acara ini merupakan bukti komitmen kami dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dalam bidang kelautan. Selamat mendulang pengalaman sebanyak mungkin,” ungkap Dr Agus dalam sambutannya. (RAT/Rz)