Prof Bambang Purwantara Raih Peringkat 2 Academic Leaders Bidang Sains

Prof Bambang Purwantara Raih Peringkat 2 Academic Leaders Bidang Sains

Prof Bambang Purwantara Raih Peringkat 2 Academic Leaders Bidang Sains
Prestasi

Mengusung inovasi bioteknologi reproduksi sains terapan untuk pemuliaan ternak, Prof Bambang Purwantara sukses meraih penghargaan Academic Leaders 2023. Guru Besar IPB University dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) itu berhasil memperoleh peringkat ke-2 Academic Leaders bidang Sains.

Selama lima tahun terakhir, Prof Bambang telah menghasilkan 18 penelitian, beberapa penelitian tersebut bersifat multiyears. Dalam beberapa berkesempatan, ia juga dipercaya sebagai ketua tim peneliti, seperti dalam riset kompetitif nasional, riset kolaborasi Indonesia, riset kemitraan IPB University dan Universitas Jambi. Prof Bambang juga terlibat dalam riset mahasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) dan riset DIPA SEAMEO Biotrop.

Selain itu, Prof bambang juga menjadi salah satu pionir beberapa inovasi terkini seperti pada transfer embrio, inseminasi buatan (IB) dan reproduksi badak buatan.

“Anugerah Academic Leaders sejatinya merupakan penghargaan untuk para mahasiswa bimbingan, kolega dosen dan mitra dalam dan luar negeri yang selama ini secara sinergis membangun reputasi keilmuan, kerja sama dan kolaborasi,” jelas Prof Bambang.

Ia berharap, capaian tersebut akan menjadi penyemangat para insan akademis IPB University untuk terus membangun ekosistem akademik yang kondusif bagi kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemaslahatan bangsa dan umat manusia.

Ajang bergengsi Academic Leader 2023 menciptakan momentum yang luar biasa dalam mengapresiasi keunggulan dan dedikasi para dosen dan pemimpin akademis.

Penghargaan ini diberikan kepada dosen dan pemimpin perguruan tinggi yang visioner, mampu menginspirasi, serta unggul dalam karya inovatif baik secara akademik maupun bagi pembangunan bangsa, hingga mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional. (dh/Rz)